https://jatim.times.co.id/
Berita

Ragam Manfaat Belimbing Wuluh, Obati Jerawat hingga Cegah Diabetes

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:29
Ragam Manfaat Belimbing Wuluh, Obati Jerawat hingga Cegah Diabetes Belimbing wuluh, si masam yang kaya manfaat untuk kesehatan. (foto: dok Unair)

TIMES JATIM, JAKARTABelimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) sudah lama dikenal sebagai salah satu buah untuk pengobatan tradisional di Indonesia. Hal ini ternyata didukung fakta ilmiah.

Klaim tradisional, serta peran khasiat belimbing wuluh dalam pengobatan berbagai penyakit menular dan tidak menular, telah didukung oleh beberapa penelitian ilmiah yang relevan. Berbagai penelitian farmakologi termasuk penelitian in vitro dan in vivo (hewan) telah dilakukan pada daun dan buah belimbing wuluh.

Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan, berdasarkan naskah ilmiah yang dipublikasikan (1995 hingga 2015) yang diambil dari Medline, PubMed, EMBASE, dan basis data Science Direct, banyak laporan ilmiah yang berkaitan dengan peran potensial belimbing wuluh baik buah, daun, maupun bunganya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Berikut kandungan dalam belimbing wuluh yang berguna untuk pengobatan dan kesehatan:

Antimikroba

Belimbing wuluh tidak hanya sebagai bahan masakan, tetapi juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membasmi mikroba penyebab infeksi dengan senyawa saponin, flavonoid, alkaloid, dan tanin yang terkandung di dalamnya. Menurut Katzung dan Hartini (2012), saponin adalah senyawa yang memiliki tegangan permukaan yang kuat dan berperan sebagai antimikroba dengan mengganggu kestabilan membran sel bakteri yang menyebabkan lisis sel bakteri tersebut.

Selain itu, belimbing wuuh juga kaya Flavonoid yang dapat menangkap radikal bebas. Zat inu berperan sebagai superantioksidan yang juga memiliki aktivitas antiinflamasi, mencegah kerusakan oksidatif serta memiliki aktivitas antikanker yang kuat. Ini berdasarkan hasil penelitan Valsan dan Raphael dalam South Indian Journal of Biological Science (2016).

Mampu Mengatasi Asam Urat dan Kolesterol

Menurut Lee dkk., dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry (2015) saponin yang terkandung di dalam buah juga memiliki aktivitas antiinflamasi karena telah terbukti dapat menghambat pelepasan zat-zat proinflamasi yang distimulasi oleh lipopolisakarida. Serat yang terdapat di dalamnya juga membantu mengikat kolesterol dan membuangnya dari tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Antidiabetes

Kandungan belimbing wuluh terbukti mampu mengatur kadar gula darah. Kandungan flavonoid dalam buah ini membantu mengontrol aktivitas insulin dalam tubuh sesuai hasil penelitian Kopustinskiene, dkk. dalam Nutrients (2020). Aktivitas antioksidan dapat menekan aktivitas enzim α-glukosidase yang meningkatkan kadar glukosa darah. Efek sinergis dari beberapa metabolit sekundernya juga dapat menurunkan kadar gula darah,

Antihipertensi, Membantu Mengelola Hipertensi dan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi rebusan belimbing wuluh secara teratur dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh, sehingga mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi). Antioksidan dan protein yang terdapat dalam buah ini bekerja sama untuk menurunkan tekanan darah.

Kalium membantu menurunkan tekanan darah, sedangkan serat membantu menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah sehingga sirkulasi darah dari dan menuju jantung seimbang. Vitamin C bersama saponin, tanin, dan terpenoid juga membantu mengurangi peradangan dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah. Kandungan ini bekerja dengan merelaksasi otot jantung dan melebarkan arteri, vena, serta kapiler menurut hasil riset Garg dkk., dalam Indian Journal of Pharmaceutical Sciences (2022).

Menyembuhkan Batuk

Belimbing wuluh juga ampuh mengatasi batuk dan pilek. Kandungan saponin triterpen dalam buah ini dapat memberikan efek antitusif dan ekspektoran yang membantu menyembuhkan batuk (Lee dkk., 2015). Saat terkena serangan batuk pilek, Anda dapat mencoba menggunakan belimbing wuluh sebagai obatnya.

Mengatasi Jerawat

Menurut laporan hasil penelitian Fahrunnida & Pratiwi dalam Seminar Nasional Konservasi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam (2015), saponin merupakan senyawa alami yang memiliki sifat pembersih dan antimikroba dan dapat ditemukan dalam belimbing wuluh. Senyawa ini membantu membersihkan jerawat. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.