Hukum dan Kriminal

Penghuni Rutan Kelas IIB Banjarsari Kajian Ramadan Bersama MUI Gresik

Selasa, 04 Mei 2021 - 20:07
Penghuni Rutan Kelas IIB Banjarsari Kajian Ramadan Bersama MUI Gresik Ketua MUI Gresik, KH Mansoer Shodiq saat sambutan dalam kegiatan siraman rohani (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Di penghujung Bulan Ramadan, MUI Gresik memberikan tausiyah atau siraman rohani kepada penghuni lembaga pemasyarakatan Pesantren At-Taubah Rutan Kelas IIB Banjarsari Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik Selasa (4/5/2021). 

Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq mengatakan melalui pesantren At-Taubah, lembaganya memberikan penguatan keislaman para penghuni lapas. Bahkan, pesantren ini sudah berjalan selama enam tahun.

Dalam kesempatan ini, dirinya mengajak semua santri agar dalam masa tahanan tetap mendekatkan diri kepada Tuhan yang esa. Lebih-lebih pada bulan Ramdhan, setiap amalan baik akan dilipatgandakan. 

"Kalau saat ini kebetulan bulan ramadhan, bulan dilipatgandakan pahala, bulan diterimanya do'a sudah semestinya dimanfaatkan sebaiak-baiknya," katanya.

Kiai Mansoer juga menjelaskan betapa dasyatnya kekuatan do'a. Menjadikan yang tidak mungkin menjadi mungkin. Apalagi berdo'a saat dibulan puasa. 

Manusia itu, tambah Mansoer diciptakan sebagai makhluk mulia. Tapi dibalik itu, manusia juga lemah. Apa buktinya, ketika seseorang banyak cita-cita, ingin menjadi sukses, tetapi sudah mengupayakan secara maksimal, ternyata tidak juga berhasil. "Maka kuncinya adalah berdo'a," jelasnya. 

Menurut Mansoer, ada tiga orang yang do'anya todak akan ditolak oleh sang pencipta. Antara lain, orang yang berpuasa, kemudian pemimpin yang adil dan orang yang teraniaya. 

"Orang yang tidak salah tapi disalahkan itu orang yang teraniaya, do'anya mustajabah," bebernya. 

Sementara itu Kepala Rutan Aris Sakuriyadi mengatakan sangat berterimakasih atas kegiatan pesantren Attaubah. Sebab selama ini, pesantren didikan MUI ini sangat mempengerahui para santri yang berpenghuni di rutan. 

"Hari ini rutan Gresik isinya 856 orang, idelanya 200 orang, artinya dengan kapasitas sekian sudah over," tutupnya menanggapi penghuni Rutan Kelas IIB Banjarsari mendapat siraman rohani dari MUI Gresik di Bulan Ramadan. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.