Gaya Hidup

Tahu Gejrot: Lezatnya Sentuhan Khas Cirebon yang Menggoyang Lidah

Jumat, 23 Februari 2024 - 02:47
Tahu Gejrot: Lezatnya Sentuhan Khas Cirebon yang Menggoyang Lidah Tahu gejrot Cirebon. (Foto: Khodijah Siti/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JAKARTATahu Gejrot, mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan nama kulinernya yang khas dari Cirebon. Makanan yang satu ini bukan hanya sekadar camilan, melainkan sebuah kelezatan yang menggoda lidah dan mengajak kita merasakan nikmatnya cita rasa tradisional.

Tahu Gejrot memiliki sejarah panjang di kota Cirebon, Jawa Barat. Dalam bahasa Sunda, "gejrot" sendiri berarti mencelupkan atau merendam, yang mencerminkan proses penyajian tahu ini.

Makanan yang terdiri dari tahu yang digoreng hingga kecokelatan lalu dicelupkan ke dalam bumbu khas. Hal ini menciptakan kombinasi rasa yang tak terlupakan.

Proses Pembuatan dan Bumbu Khas

Pertama-tama, tahu dipotong kecil-kecil dan digoreng hingga berkulit renyah. Kemudian, tahu tersebut dicelupkan ke dalam bumbu khas yang terbuat dari petis, kecap manis, air asam, bawang merah, cabai rawit, dan gula merah.

Bumbu ini memberikan sentuhan gurih, manis, pedas, dan sedikit asam yang menyatu harmonis di lidah. Beberapa orang akan mengganti air asam dengan air jeruk nipis.

"Saya lebih menyuai yang pakai jeruk nipis, segarnya beda," ungkap Titik, salah satu penggemar Tahu Gejrot asal Malang.

Tahu Gejrot biasanya disajikan dalam kondisi masih hangat, membuat aroma harum bumbu-bumbu khasnya semakin terasa. Sajian ini kerap dijual di warung-warung pinggir jalan hingga restoran terkemuka di Cirebon.

Penggemar makanan ini tak hanya berasal dari kalangan lokal, tetapi wisatawan pun seringkali tak bisa melewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan khas ini.

Sensasi Pedas dan Manis yang Seimbang

Keunikan Tahu Gejrot terletak pada keberanian rasa pedasnya yang mampu menggoyang lidah tanpa mengesampingkan kelezatan manis dari kecap dan gula merah. Kombinasi ini menciptakan sensasi rasa yang seimbang, menjadikan Tahu Gejrot sebagai makanan yang memanjakan lidah dan memuaskan selera.

Meskipun memiliki akar kuat dalam tradisi kuliner Cirebon, Tahu Gejrot tidak luput dari sentuhan inovasi. Beberapa tempat bahkan menciptakan variasi dengan tambahan bahan atau saus ekstra untuk memberikan pengalaman baru kepada para penikmat kuliner.

Tahu Gejrot tidak hanya sekadar makanan, melainkan bagian dari identitas kuliner yang kaya di Cirebon. Dengan cita rasa yang unik dan proses penyajian yang sederhana, Tahu Gejrot tetap memikat hati banyak orang dan menjadi bukti bahwa kelezatan tradisional selalu memiliki tempat istimewa di dunia kuliner.

Bagi siapa pun yang belum mencicipi, Tahu Gejrot adalah pengalaman kuliner yang wajib dicoba. "Makanan ini membuat saya ingin mengetahui lebih banyak tentang kuliner tahu serupa di Indonesia," tandas Titik. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.