https://jatim.times.co.id/
Gaya Hidup

Anda Tahu Kentos Kelapa? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung

Sabtu, 25 Mei 2024 - 06:25
Anda Tahu Kentos Kelapa? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung Beberapa gambar kentos kelapa (FOTO: tabi,in)

TIMES JATIM, PEMALANG – Negara kita yang merupakan negara agraris memiliki aneka ragam kekayaan hayati, baik tumbuh-tumbuhan maupun buah-buahan, diantaranya adalah pohon kelapa dengan berbagai kegunaan dan manfaatnya.

Buah kelapa, selain sebagai minuman segar pada saat cuaca panas, ternyata ada sesuatu yang terdapat di dalam buah kelapa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Yaitu kentos atau tombong merupakan cikal bakal pembentukan tunas kelapa, berbentuk bulat dan terletak didalam daging buah kelapa yang sudah tua.

Menurut Sri Pamuji (64), warga Kedung Banjar, Kecamatan Taman, Pemalang mengatakan jika kentos kelapa ini enak kalau dimakan.

"Pada waktu saya kecil sering makan kentos kelapa, biasanya cara untuk makannya harus dibelah dulu buah kelapa baru bisa menemukan kentos kelapanya untuk dimakan," katanya, Jumat (24/5/2024).

Kentos kelapa kalau masih kecil cenderung berasa manis semakin besar ukurannya, rasa kentos akan terasa semakin hambar. Dibalik rasanya, ternyata kentos kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari hellosehat.com beberapa manfaat kentos kelapa untuk kesehata antara lain: 

1. Menjaga kesehatan jantung. Penelitian yang dipublikasikan dalam India Journal of Pharmaceutical Science mengungkap kentos kelapa memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi stres oksidatif. Hal ini karena kentos kelapa memiliki sifat kardioprotektif dan antioksidan.

2. Secara signifikan dapat membantu memperbaiki kerusakan jantung. Satu penelitian pada tahun 2018 melaporkan kentos kelapa mengandung nutrisi tinggi, terutama karbohidrat.

Penelitian tersebut mendapatkan bahwa embrio kelapa mengandung 66% karbohidrat. Tingginya kandungan karbohidrat dalam kentos kelapa ini berpotensi memberi manfaat sebagai sumber energi alternatif untuk tubuh karena karbohidrat termasuk zat gizi yang punya fungsi utama sebagai bahan energi utama tubuh.

Manfaat kentos kelapa satu juga berhasil diungkap oleh penelitian dalam jurnal Food Chemistry. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa kentos kelapa mengandung karbohidrat yang dibutuhkan sebagai sumber energi bayi.Karbohidrat akan dipecah tubuh menjadi glukosa. Glukosa inilah yang menjadi bahan bakar utama yang mengalir dalam darah dan otak setiap saat.

3. Kentos kelapa kaya antioksidan. Sudah banyak penelitian yang melaporkan bahwa paparan radikal bebas dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti stroke, kanker, penyakit jantung, dan masih banyak lagi, Radikal bebas bisa ditemui dengan mudah di mana saja.

Mulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, polusi udara yang dihirup hingga residu atau obat-obatan yang digunakan setiap hari. Supaya tubuh tidak terlalu banyak terpapar radikal bebas, kamu perlu antioksidan. Antioksidan mudah ditemukan pada makanan dan minuman kamu sehari-hari. Salah satunya, kentos kelapa.

4. Makanan alternatif bagi yang intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa merupakan gangguan pencernaan ketika usus tidak bisa mencerna laktosa, yaitu gula yang terkandung dalam susu hewani dan produk olahannya. Di dalam tubuh, laktosa dipecah menjadi glukosa dan galaktosa oleh enzim laktase supaya dapat diserap tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

Ketika tidak bisa dicerna dan diserap tubuh, laktosa bisa terfermentasi oleh bakteri sehingga menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti sakit perut, perut kembung, diare dan masih banyak lagi. Kondisi ini biasanya sudah mulai terdeteksi sejak bayi. Jika anak anda termasuk yang mengalami kondisi ini, bisa memberinya kentos kelapa.

Kentos kelapa dapat menjadi alternatif bagi bayi yang mengalami intoleransi laktosa, seperti halnya susu kedelai, susu almond, susu beras, dan susu oat. (*)

Pewarta : Ragil Surono
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.