https://jatim.times.co.id/
Flash News

Peringati Hari Sungai Nasional 2024, Bupati Jember Ingatkan Bencana Banjir akibat Sampah

Sabtu, 20 Juli 2024 - 19:09
Peringati Hari Sungai Nasional 2024, Bupati Jember Ingatkan Bencana Banjir akibat Sampah Bupati Jember Hendy Siswanto dan Forkopimda melakukan aksi bersih-bersih sungai. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JEMBER – Bupati Jember Hendy Siswanto mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, seperti sungai.

Pesan tersebut dia sampaikan saat memimpin apel Hari Sungai Nasional 2024 yang digelar di bantaran Sungai Bedadung, Kecamatan Kaliwates, Sabtu (20/7/2024).

Kegiatan tersebut juga diisi dengan aksi kerja bakti membersihkan sungai dari sampah maupun rumput liar yang tumbuh hingga menutup badan sungai.

"Kegiatan ini merupakan suatu momentum luar biasa, kata Hendy yang didampingi wakilnya, Firjaun Barlaman.

Dalam kesempatan tersebut, Hendy bersama sejumlah pejabat teras Pemkab Jember lainnya juga melakukan aksi menanam pohon di pinggir sungai dan menebar bibit ikan ke sungai.

"Kami juga melakukan penanaman pohon di pinggir Sungai Bedadung ini dan juga melepas ribuan bibit ikan di sungai ini," ujarnya.

Untuk diketahui, Pemkab Jember menggelar peringatan Hari Sungai Nasional 2024 selama dua hari yang dimulai pada Jumat (19/7/2024) kemarin hingga hari ini.

Hendy juga menambahkan bahwa masih banyak sungai di Jember yang tercemar oleh limbah, baik dari limbah dari masyarakat maupun dari pabrik.

Hal tersebut, lanjutnya, dapat meningkatkan potensi bencana seperti banjir saat hujan deras.

"Maka dari itu sebagai warga Jember kita memiliki tanggung jawab harus menjaga sungai ini dengan cara seperti saat ini, dari kegiatan bersih-bersih sungai, penanaman pohon, dan juga penebaran bibit ikan," imbuhnya. (*)

Pewarta : M Abdul Basid (MG)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.