https://jatim.times.co.id/
Ekonomi

KAPPI Perkuat Posisi Kopi Indonesia di Jepang Lewat Business Forum

Sabtu, 07 Juni 2025 - 10:49
KAPPI Perkuat Posisi Kopi Indonesia di Jepang Lewat Business Forum Pengunjung World Expo Osaka Jepang di Paviliun Indonesia menikmati kopi Indonesia yang dibawa oleh KAPPI.(Dok.KAPPI)

TIMES JATIM, SURABAYA – Paviliun Indonesia (Pavindo) hadir di World Expo 2025 Osaka sebagai etalase global bagi Indonesia dengan tema "Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future." 

Pavindo tidak hanya menghadirkan pameran seni dan teknologi, tetapi juga membawa kopi sebagai bagian dari identitas budaya dan diplomasi ekonomi Indonesia.

Pengunjung World Expo, sejak hari pertama, disambut dengan aroma khas dan cita rasa luar biasa dari kopi Indonesia, yang dikurasi oleh Yayasan Pendidikan Pengembangan Perkopian (KAPPI)—sebuah organisasi nirlaba yang berkomitmen membangun ekosistem kopi yang inklusif dan berkelanjutan.

KAPPI memperkenalkan Kopi Mandheling, Kopi Toraja, dan Kopi Bali Kintamani, yang tidak hanya menawarkan pengalaman rasa tetapi juga membawa cerita tentang petani, roaster, dan barista Indonesia yang berkontribusi dalam industri kopi yang lebih adil dan berkelanjutan.

Untuk semakin mengukuhkan posisi kopi Indonesia sebagai produk unggulan di pasar Jepang, KAPPI akan menggelar Business Forum bertajuk "Comeback with Confidence: Bringing Indonesian Coffee Back to the Heart of Japan" pada 19 Juni 2025 di Paviliun Indonesia (Pavindo), World Expo 2025 Osaka.

Forum ini menjadi momentum strategis bagi industri kopi Indonesia untuk membangun kembali kepercayaan pasar dan memastikan kopi Indonesia kembali mendapat tempat di hati konsumen Jepang. 

KAPPI juga memanfaatkan forum ini untuk menjalin kerja sama bisnis yang lebih kuat dengan mitra industri kopi Jepang serta menegaskan keunggulan kopi Indonesia dalam hal rasa, keberlanjutan, dan nilai budaya yang khas.

Diskusi akan berfokus pada strategi pemulihan citra kopi Indonesia di Jepang serta membuka peluang investasi baru, sekaligus mendorong rantai pasok yang lebih hijau dan berkeadilan agar kopi Indonesia semakin berdaya saing tinggi di pasar internasional.

"Kami percaya bahwa kopi Indonesia bukan hanya soal rasa, tetapi juga tentang cerita, nilai, dan keberlanjutan yang melekat padanya. Melalui forum ini, kami ingin membangun kepercayaan pasar dan membuktikan bahwa kopi Indonesia siap bersaing di tingkat global, khususnya pasar Jepang" ujar Roby Wibisono, perwakilan KAPPI dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/6/2025).

Dengan penyelenggaraan Business Forum dan kehadiran KAPPI di Pavindo, diharapkan kerja sama dagang dan investasi yang konkret dapat terwujud, membuka jalan bagi ekspansi kopi Indonesia di Jepang dan pasar internasional.(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.