https://jatim.times.co.id/
Ekonomi

Revitalisasi Pasar Banyuwangi Bugarkan Perekonomian Pedagang

Kamis, 23 Mei 2024 - 23:05
Revitalisasi Pasar Banyuwangi Bugarkan Perekonomian Pedagang Potong tumpeng tasyakuran oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani atas akan dilaksanakanya revitalisasi Pasar Banyuwangi. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Proyek revitalisasi Pasar Banyuwangi sudah masuk pada tahap pembongkaran. Untuk itu pemerintah setempat mengadakan kenduri atau syukuran pasar dengan harapan memperlancar proses revitalisasi yang berimbas pada pembugaran perekonomian para pedagang pasar.

Syukuran tersebut digelar di sepanjang ruas jalan Pasar Banyuwangi yang dihadiri oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, Dandim 0825 Letkol (Arh) Joko Sukoyo, Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut Hafidz dan ratusan pedagang hingga PKL yang tergabung dalam paguyuban pasar pada Kamis (23/5/2024).

Dalam kesempatan itu,  Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, jika tugas relokasi dan tugas pembongkaran merupakan tugas dari pemerintah daerah, sedangkan merevitalisasi atau pembangunan merupakan tugas dari Kementerian PUPR. 

Untuk itu, Ipuk menambahkan, pada akhir bulan Mei para pedagang sudah dapat menempati tempat relokasi, sehingga awal bulan Juni sudah bisa dilakukan pemugaran oleh Kementerian PUPR.

“Tidak semua daerah mendapat bantuan revitalisasi pasar dari pemerintah pusat. Semoga ini menjadi berkah dan Pasar Banyuwangi nantinya jadi lebih nyaman dan menarik,” katanya.

“Sehingga pedagang sejahtera dan ekonomi bergerak. Tentu semua elemen di Banyuwangi tidak ada yang tidak ingin pedagang pasar sejahtera,” imbuh Ipuk.

Ipuk berharap, jika nanti para pedagang Pasar Banyuwangi sudah beralih ke tempat relokasi, mereka tidak memiliki hambatan atau takut tidak laku.

Selesainya kegiatan tasyakur, Ipuk juga menyempatkan untuk meninjau los para pedagang yang mulai mengemasi barang-barangnya. Tak sedikit yang mengeluhkan kondisi pasar yang kerap bocor dan pengap selama ini. Dengan direvitalisasi, semua akan menjadi lebih baik.

“Mari kita sama-sama berdoa semoga proses revitalisasi lancar tanpa hambatan,” pungkasnya.

Ketua Persatuan Pedagang Kaki Lima (Pakkompak) Pasar Banyuwangi Mat Hasan dalam sambutanya menuturkan, pihaknya telah bersepakat dan kompak untuk mendukung revitalisasi pasar. Dengan pembangunan tersebut, pihaknya berharap pasar akan semakin ramai.

“Saat ini pasar makin sepi. Jam tujuh pagi pengunjung sudah sepi. Utamanya di bagian dalam. Semoga saja dengan diperbaikinya pasar ini, nanti pembeli semakin ramai,” terangnya. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.