https://jatim.times.co.id/
Berita

Dampingi Wapres RI Buka iConASET 2024, Pj Gubernur Adhy: Pendidikan Tinggi Pencetak SDM Unggul

Rabu, 11 September 2024 - 15:08
Dampingi Wapres RI Buka iConASET 2024, Pj Gubernur Adhy: Pendidikan Tinggi Pencetak SDM Unggul Pj Gubernur Adhy saat mendampingi Wapres RI Ma'ruf Amin dalam acara pembukaan iConASET 2024 di Auditorium Universitas Nahdlatul Ulama (NU) Kampus B Surabaya, Rabu (11/9/2024). (Foto: Dok. Humas Pemprov Jatim)

TIMES JATIM, SURABAYA – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mendampingi Wakil Presiden RI Prof Dr (HC) KH Ma'ruf Amin membuka acara International Conference on Applied Sciences, Education and Techonology (iConASET) 2024 di Auditorium Universitas Nahdlatul Ulama (NU) Kampus B Surabaya, Rabu (11/9/2024). 

Mengusung tema Entering Society 5.0, Applied dan Development, seminar internasional iConASET 2024 ini membahas strategi pengembangan teknologi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan masyarakat dan lingkungan dalam berbagai perspektif. 

Tak tanggung-tanggung, sejumlah keynote speaker dihadirkan dalam forum ini. Mulai Prof Dr Nordin Bin Mamat dari Universiti Pendidikan Sultan Idrus Malaysia, Prof. Mu. Naushad Shamim Ahnad dari King Saud University Saudi Arabia, dan Prof. Dr. Erol Kam dari Istanbul Technical University Turki.

Pj Gubernur Adhy menyambut baik pelaksanaan iConASET dan pihaknya berharap akan membawa dampak positif pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya jenjang perguruan tinggi.

“Perguruan tinggi perannya sangat penting, karena perguruan tinggi merupakan intelectual capital berharga bagi Jawa Timur. Terlebih, Jatim adalah salah satu provinsi yang memiliki jumlah perguruan tinggi terbesar di Indonesia,” ujar Adhy. 

Hal ini sejalan dengan pesan yang disampaikan Wapres saat acara the 5th International Seminar and Conference on Global Issues 2021, bahwa institusi pendidikan tinggi telah mampu menjaga relevansi dan eksistensinya sebagai pencetak SDM yang unggul, berdaya saing global dan berakhlak mulia. 

iConASET-2.jpgAcara International Conference on Applied Sciences, Education and Techonology (iConASET) 2024 di Auditorium Universitas Nahdlatul Ulama (NU) Kampus B Surabaya, Rabu (11/9/2024). (Foto: Dok. Humas Pemprov Jatim)

Tak hanya itu, ia juga menambahkan bahwa saat ini di Jawa Timur terdapat 4.058 lembaga SMA, SMK, dan SLB baik negeri maupun swasta dengan jumlah siswa aktif sebanyak 1.3 juta orang dan potensi lulusan lebih dari 300 ribu per tahun. 

“Oleh karena itu, potensi ini harus diupayakan agar lulusan SMA dan SMK Jatim bisa mendapatkan tempat yang sesuai. Utamanya bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi,” tegas Adhy. 

“Kesempatan untuk bisa memasuki jenjang pendidikan tinggi inilah yang akan membawa kemajuan bagi Jawa Timur. Karena akan meningkatkan kualitas SDM Jawa Timur,” imbuhnya. 

Di akhir, Adhy juga mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Wakil Presiden RI atas dukungan yang diberikan khususnya bagi kemajuan pendidikan di Jatim. 

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur kami ucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden atas kehadirannya di Jatim. Ini menunjukkan kecintaan Wapres dengan Jawa Timur,” tambahnya. 

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin menegaskan pentingnya peran perguruan tinggi dalam memproyeksikan ilmu pengetahuan dan kebutuhan pendidikan yang tepat untuk lima, sepuluh, bahkan dua puluh tahun mendatang.

“Di sinilah pentingnya peran lembaga pendidikan seperti UNUSA dalam mencetak lulusan dengan pemahaman keagamaan dan akademik yang berkualitas tinggi guna menyelesaikan tantangan dunia modern,” tutur Ma’ruf. 

Ia kemudian juga menjelaskan peran Perguruan tinggi sebagai penghasil riset dan penelitian yang kreatif dan inovatif, juga perlu berkolaborasi dengan pemerintah dan swasta dalam penyusunan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri sehingga melahirkan generasi berdaya saing.

“Kegiatan iConASET hari ini, tidak hanya bermanfaat besar bagi mahasiswa UNUSA, tetapi juga bagi ilmuwan, praktisi, dan pelaku industri, melalui diskusi pengembangan inovasi dan teknologi di tingkat global,” imbuhnya. 

“Sesuai dengan tema kegiatan yang diangkat, yaitu ‘Entering Society 5.0: Application and Development’, saya berharap konferensi ini menghasilkan riset yang dapat diaplikasikan oleh dunia industri dan masyarakat,” tutupnya. 

Di akhir acara dibuka secara simbolis ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin didampingi Pj. Gubernur Adhy, Ketua Yayasan RSI Surabaya (YARSIS) Muhammad Nuh dan Rektor UNUSA Surabaya Achmad Jazidie. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.