https://jatim.times.co.id/
Berita

Madrasah Diniyah Belum Menjalankan Sistem Administrasi, FKDT Bondowoso Gelar Bimtek

Senin, 01 Maret 2021 - 19:55
Madrasah Diniyah Belum Menjalankan Sistem Administrasi, FKDT Bondowoso Gelar Bimtek Pelaksanaan Bimtek penyelenggaraan administrasi Madin yang diselenggarakan DPC FKDT Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, BONDOWOSO – Ternyata masih banyak Madrasah Diniyah (Madin) di Bondowoso belum bisa menjalankan sistem administrasi dengan baik. Oleh karena itu, Dewan Pengurus Cabang Forum Komunikasi Diniyah Takmiliah atau DPC FKDT Bondowoso menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek), di Madrasah Mambaul Ulum Desa Sulek, Tlogosari, Senin (1/2/2021).

Ketua DPC FKDT Bondowoso, Bahrul mengungkapkan bahwa selama ini kelembagaan diniyah non formal bisa dikatakan buta administrasi.

DPC-FKDT-Kabupaten-Bondowoso-2.jpg

"Kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas administrasi kelembagaan Madin," paparnya saat dikonfirmasi.

Selama ini kata dia, mayoritas Madin belum menjalankan sistem administrasi. Sehingga banyak data dan dokumen penting yang tidak terarsipkan dengan baik.

Menurutnya, persoalan administrasi pada Madin tidak ada yang mengontrol, termasuk dari Kemenag. 

"Maka tidak heran sering timbul permasalahan administratif pada Madin saat hendak menerima pembinaa. Makanya kami gagas giat ini," jelasnya.

Sementara Kepala Kemenag Bondowoso, H Sholihul Kirom mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh DPC FKDT Bondowoso. "Bimtek sangat penting untuk kelengkapan administrasi lembaga," katanya.

Menurutnya, administrasi sangat penting terhadap keberadaan Madrasah Diniyah. "Buku induk misal, itu merupakan ruh lembaga yang harus ada," imbuhnya. 

Adapun materi yang diberikan dalam Bimtek tersebut yakni bimbingan peningkatan mutu Madrasah Diniayah Ula, Wustha dan Ulya. Tata kelola Bosda Madin, kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah, administrasi kelembagaan dan updating data emis. 

DPC FKDT Bondowoso mengagendakan Bimtek kepada kurang lebih 800 Kepala Madin secara bertahap yang dibagi dalam 16 gelombang. Tahap awal telah dilakukan di Kecamatan Tlogosari. (*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.