Berita

Ketua Himpenindo Minta Peneliti Dukung Program Vaksinasi Covid-19

Senin, 12 April 2021 - 16:01
Ketua Himpenindo Minta Peneliti Dukung Program Vaksinasi Covid-19 Pengurus Himpenindo Provinsi Jawa Timur periode 2021 - 2026 saat dikukuhkan oleh Ketua DPP Himpenindo. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo), Ir. Syahrir Ika, MM meminta kepada seluruh peneliti di Indonesia untuk mendukung pemerintah untuk menyiapkan ketersediaan Vaksin Covid-19 di Indonesia.

Ia mengajak seluruh peneliti untuk berkontribusi dengan keahlian masing-masing agar ketersediaan Vaksin Covid-19 cukup di Indonesia.

Selain itu, Syahrir juga meminta agar para peneliti merespon berbagai permasalahan yang dihadapi negara, salah satunya terkait kemiskinan. "Buat kajian atau riset, cara terbaik perekonomian kira agar cepat pulih, mari kita bekerja sama,"ujar Syahrir.

Hal tersebut dikemukakan Syahrir saat mengukuhkan pengurus Himpenindo Provinsi Jawa Timur periode 2021 - 2026 yang dilaksanakan secara hybrid.

Pengurus Himpenindo a

Syahrir mengukuhkan melalui aplikasi zoom dari Jakarta sementara sebagian pengurus yang dikukuhkan berada di Balitjestro, Kota Batu, Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, ia mengucapkan selamat dan yakin pengurus yang dikukuhkan siap melaksanakan tugasnya menjalankan visi misi Himpenindo.

"Tugas keikhlasan kita berbakti kepada negara, memang perlu pengorbanan, waktu, pikiran bahkan pengobaran material. Tidak semua orang bersedia melakukan kerja sosial seperti ini. Suatu pengabdian yang luar biasa," ujarnya.

Ia minta kepada pengurus yang dikukuhkan untuk memastikan kesehatan peneliti dan mendorong peneliti untuk menghasilkan produk yang bermanfaat untuk negara.

Sementara itu Ketua Harian Himpenindo Provinsi Jatim, Dr Ir Anang Triwiatno MP mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dengan memberikan amanah menjalankan kepengurusan organisasi profesi ini.

"Pada bulan Maret ini ada 287 peneliti yang tergabung dalam 23 UPT pemerintah di Jawa Timur, jumlah yang sangat besar tentunya menjadi satu tugas utama bagi pengurus untuk bersama-sama menyatukan kelembagaan Mohon dukungan dan partisipasi aktif membesarkan organisasi kita," ujarnya.

Pengurus Himpenindo b

Dalam sambutannya, ia memaparkan sembilan program andalannya salah satunya adalah mengembangkan kapasitas peneliti dan meningkatkan kapasitas hasil penelitian.

"Sehingga peneliti tidak hanya menghasilkan output tapi juga outcame yang bisa memberikan dampak positif bagi pengguna hasil penelitian,"ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan kepengurusan Himpenindo Provinsi Jawa Timur periode 2021 - 2026 dihasilkan dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) Himpenindo yang dilaksanakan secara virtual pada bulan Februari tahun 2021.

Dalam musyawarah tersebut muncul lima bursa calon ketua, hingga akhirnya Dr Ir Anang Triwiatno MP terpilih menjadi ketua.

Ada 45 orang pengurus Himpenindo Jatim yang masuk, mulai dari penasehat, dewan pakar, ketua, wakil ketua, sekretaris dan enam bidang. Mulai bidang organisasi keanggotaan, bidang integritas dan etika peneliti, bidang inovasi haki dan hilirasi. Bidang advokasi kerja sama dan sinergisitas, bidang komunikasi, diseminasi dan publikasi dan bidang pengembangan usaha dan kesejahteraan anggota. (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.