https://jatim.times.co.id/
Berita

Banyuwangi Festival Onthel Nusantara Kenalkan Budaya, Tingkatkan Ekonomi Pariwisata

Kamis, 23 Mei 2024 - 19:42
Banyuwangi Festival Onthel Nusantara Kenalkan Budaya, Tingkatkan Ekonomi Pariwisata Foto bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan jajaran bersama perwakilan KOSTI Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Pemerintah Banyuwangi bersama Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Banyuwangi bakal menggelar Festival Onthel Nusantara dengan mengenalkan sejarah, budaya, dan pariwisata Bumi Blambangan yang berimbas pada peningkatan perekonomian.

Bakal terselenggaranya Festival Onthel Nusantara ini dibahas dalam agenda silaturahmi Bupati Banyuwangi dengan KOSTI di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan pada, Kamis (23/5/2024). Dalam kesempatan tersebut Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama sejumlah perwakilan KOSTI membahas persiapan festival yang akan digelar pada tanggal 25 sampai 26 Mei mendatang.

Dijelaskan oleh Ipuk, jika festival tersebut tidak hanya masuk agenda B-Fest, lebih dari itu, kegiatan tersebut harus menjadi wujud dari promosi wisata. Terlebih, para peserta festival juga berasal dari Jawa hingga Bali, sehingga harapannya kegiatan tersebut menjadi salah satu penunjang untuk menarik wisatawan bisa datang kembali ke Banyuwangi. 

"Kami juga berharap semua aspek bisa bergerak, bisa berdampak pada perekonomian dengan kegiatan ini. Sesuai SOP B-Fest nanti kami juga akan menyiapkan lapak-lapak UMKM," jelasnya.

Tak hanya itu, Ipuk mengaku, apabila sangat mendukung penuh kegiatan itu terlebih pemerintah memang selalu mendukung perkembangan seluruh komunitas yang ada supaya bisa berkembang dan berdampak bagi masyarakat. Ia juga mengatakan, pemerintah memberikan bentuk dukungan terkait sarana prasarana yang nantinya juga mendapat support dari pihak ketiga untuk adanya doorprize. 

"Kami juga menyiapkan hadiah untuk peserta Festival Onthel Nusantara. Kami nanti juga berusaha membantu apa yang dirasa kurang dalam persiapan tersebut," ujar Ipuk. 

Selain sarana prasarana, masih Ipuk, juga menyiapkan layanan kesehatan dan penginapan untuk kelancaran festival tersebut. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Onthel Nusantara, sekaligus Wakil Ketua KOSTI Banyuwangi Hamami menambahkan, festival ini merupakan kegiatan yang sangat unik dan langka.

Ia menerangkan jika KOSTI di Banyuwangi sudah ada sejak tahun 2005.

Sejauh ini, diakui telah ada 35 kabupaten atau kota di seluruh Jawa dan Bali yang siap meramaikan Festival Onthel Nusantara. Pasalnya Hamami menambahkan, komunitas sepeda tua di Indonesia khususnya di Jawa-Bali sangat banyak dan setiap wilayah memiliki komunitas mereka masing-masing.

“Festival Onthel Nusantara nanti akan diselenggarakan di GOR Tawangalun,” tandasnya.

Kegiatan tersebut, kata Hamami, murni untuk promosi wisata dan mengenalkan budaya dan sejarah di Banyuwangi. Secara teknis nantinya peserta akan dandan dengan busana jadul atau daerah, dan mengenalkan sejarah sepeda tua. Kemudian para peserta akan melakukan pawai keliling bersepeda onthel dari GOR Tawang Alun kemudian berhenti di setiap lokasi pos dan finish kembali ke GOR.

“Nah, posnya seperti di TMP, Taman Blambangan, Taman Sritanjung, Pantai Marina Boom, dan lainnya. Di setiap pos pemberhentian tersebut nanti akan kami ceritakan sejarah setiap tempat itu,” tuturnya.

Hamami mengungkapkan, sejauh ini telah ada 1.500 peserta yang telah terdaftar untuk kegiatan tersebut dan kemungkinan peserta akan terus bertambah. Bahkan, ada peserta dari Karawang yang nekat ikut festival dengan bersepeda onthel hingga Banyuwangi.

"Rentang usia peserta mulai dari 10 tahun, kebanyakan sudah tua dan pensiunan paling tua sekitar 90 tahun. Karena itu nanti akan ada penghargaan untuk peserta tertua, peserta termuda, dan peserta karnaval terbaik," pungkas Wakil Ketua KOSTI Banyuwangi. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.