Berita

Pemahaman Masyarakat terkait Mitigasi Bencana Harus Konsisten Ditingkatkan

Sabtu, 09 Desember 2023 - 07:39
Pemahaman Masyarakat terkait Mitigasi Bencana Harus Konsisten Ditingkatkan Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.

TIMES JATIM, JAKARTA – Memasuki perubahan musim di akhir tahun, upaya sosialisasi kewaspadaan terhadap bencana alam harus konsisten dilakukan agar upaya mitigasi menjadi pemahaman setiap orang di negara yang rawan bencana seperti Indonesia.

"Di negara yang rawan bencana seperti Indonesia upaya agar setiap warga negara memahami berbagai cara menyikapi ancaman bencana sangat penting dilakukan secara konsisten," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/12/2023). 

Laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan, terdapat 3.489 bencana alam di Indonesia selama 1 Januari-4 Desember 2023.

Banjir menjadi bencana alam terbanyak pada periode itu dengan 989 kejadian. Jumlah tersebut setara 28,34% dari total bencana alam di Indonesia. 

Menurut BNPB, seluruh bencana itu membuat 7,52 juta orang menderita dan mengungsi, 5.713 orang luka-luka, 222 orang meninggal dunia, dan 15 orang hilang.

Menurut Lestari catatan dari BNPB tersebut harus menjadi perhatian para pemangku kebijakan dan masyarakat saat memasuki musim penghujan dan akhir tahun. 

Pergantian musim yang datang bersamaan dengan potensi peningkatan pergerakan orang di masa liburan akhir tahun, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, merupakan periode yang harus diwaspadai dan diantisipasi dengan berbagai langkah strategis yang mampu menekan dampak dari potensi bencana alam. 

Upaya mitigasi bencana, menurut Rerie, harus menjadi pemahaman masyarakat secara luas dalam mengantisipasi potensi bencana alam yang diperkirakan terjadi. 

Selain itu, ujar Rerie, yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, para pemangku kebijakan harus konsisten menyosialisasikan perkiraan cuaca dan kawasan-kawasan rawan bencana, sehingga mampu menjadi dasar bagi masyarakat menyikapi dampak perubahan musim di akhir tahun. 

Dengan pemahaman terhadap mitigasi bencana dan informasi yang masif terkait kawasan rawan bencana, Rerie berharap, dampak dari potensi bencana alam dapat terus ditekan sehingga semakin banyak masyarakat yang terhindar dari ancaman bencana alam. 

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menegaskan, untuk mewujudkan hal itu kolaborasi antara para pemangku kebijakan dan masyarakat dalam meningkatkan upaya mitigasi bencana alam, harus konsisten dilakukan. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.