https://jatim.times.co.id/
Berita

Naik Moge, Kapolda Jatim Patroli Jalur Nataru hingga Baksos di Pacitan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 18:45
Naik Moge, Kapolda Jatim Patroli Jalur Nataru hingga Baksos di Pacitan Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto bersama rombongan berfoto di Museum Galery SBY*Ani Pacitan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PACITAN – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim) Irjen Pol Imam Sugianto, melakukan patroli jalur di jalur lintas selatan (JLS) menggunakan motor gede (Moge) hingga melakukan bakti sosial (Baksos) di Museum Galery SBY*Ani di Pacitan pada Sabtu (27/7/2024). 

Patroli ini merupakan bagian dari persiapan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025, yang diharapkan bisa memberikan kelancaran dan keamanan bagi para pemudik.

Bersama sejumlah pejabat utama Polda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto memulai perjalanan dengan mengendarai motor gede (Moge) dari Mapolda Jatim. 

Rombongan berhenti sejenak di Polsek Kalangbret, Tulungagung, dan Polsek Panggul, Trenggalek, sebelum melanjutkan perjalanan menyusuri Jalur Lintas Selatan (JLS) menuju Kabupaten Pacitan.

"Hari ini kami melakukan patroli jalur untuk memeriksa kesiapan jalur arteri dan JLS sebagai persiapan menghadapi Nataru nanti," ujar Imam Sugianto. 

Patroli ini bertujuan memastikan bahwa jalur-jalur utama dan alternatif siap digunakan oleh masyarakat, terutama untuk mengurai kemacetan yang biasanya terjadi pada masa liburan.

Di Pacitan, Imam Sugianto memberikan bantuan berupa komputer kepada 4 polsek di bawah Polres Pacitan dan 1 Koramil setempat. 

Kapolda-Jatim-2.jpg

Bantuan ini diharapkan dapat mendukung operasional kepolisian setempat, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain pemeriksaan kesiapan jalur, Imam bersama rombongan juga meenyerahkan 25 paket bansos kepada masyarakat kurang mampu di sekitar Museum, termasuk sejumlah anak yatim piatu dan lansia. 

Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat setempat. 

Tak hanya itu, Patroli ini juga menjadi bagian dari persiapan acara reuni Angkatan 73 yang akan diselenggarakan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan.

 "Pak SBY akan menyelenggarakan reuni Angkatan 73 di Pacitan. Kami mengecek persiapan di sini agar acara tersebut dapat berjalan dengan lancar," jelas Imam Sugianto.

Jalur Lintas Selatan diharapkan bisa menjadi alternatif utama bagi pemudik yang ingin menghindari kemacetan di jalur arteri. 

Adapun pejabat yang ikut serta dalam rombongan Kapolda Jatim antara lain Irwasda, KBP Moffan Moedji Kawanti, Kari Ops, KBP Puji Santosa, Karo SDM, KBP Ari Wibowo, Dir Intel, KBP Dekananto Eko Purwono, Dirlantas, KBP Komarudin, Kabid Propam, KBP Iman Setiawan, Kabid TIK, KBP Adewira Negara Siregar, Kayanma, AKBP Memon Ardian, dan seluruh Pejabat Polda Jatim.

Kedatangan rombongan Kapolda Jatim disambut oleh Kapolres Pacitan,  AKBP Agung Nugroho, Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, Dandim 0801 Pacitan, Letkol Arh Imam Musahirul, Danlanal Pacitan, Mayor Laut Dainuri Syamsuddin, Wakapolres Pacitan, Kompol Pujiyono, Komandan Detasemen Iswahyudi Pacitan, Kapten Leg Fransiscus Silbon, Danramil 0801/01 Pacitan, Kapten Kav Dadut Setyawan, dan  PJU Polres Pacitan.

Berikut rincian acara Kapolda Jatim secara rinci: 

1. Pukul 13.37 WIB, Irjend Pol Imam Sugiyanto,  beserta rombongan dengan pengawalan Dirlantas Polda Jatim tiba di Museum dan Galery SBY*ANI Jalur Lingkar Selatan (JLS) RT.05 RW.07 Kelurahan Ploso disambut oleh Forkopimda. 

2. Pukul 13.40 WIB, Irjend Pol Imam Sugiyanto, memberikan bantuan paket sembako kepada anak yatim piatu dan lansia, serta memberikan bantuan berupa komputer kepada Koramil 0801/01 dan 4 Polsek Polres Pacitan.

3. Pukul 13.45 WIB, Irjend Pol Imam Sugiyanto, berserta rombongan, didampingi Forkopimda dan PJU Polres Pacitan meninjau Museum & Galery SBY*Ani Pacitan.

4. Pukul 14.25 WIB, Kapolda Jatimbeserta rombongan meninggalkan Museum dan Galery SBY - Ani, selanjutnya menuju Mentari Hill Pacitan 

5. Pukul 14.35 WIB, Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si (Kapolda Jatim) beserta rombongan tiba di Mentari Hill Lingk. Tempuran Kel. Sidoharjo Kec/Kab. Pacitan selanjutnya melaksanakan ramah tamah.

6. Pukul 15.30 WIB, Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si (Kapolda Jatim) bersama rombongan meninggalkan Mentari Hill Lingk. Tempuran Kel. Sidoharjo Kec/Kab. Pacitan menuju ke Detasemen Iswahyudi Pacitan. 

7. Pukul 15.38 WIB, Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si (Kapolda Jatim) bersama rombongan tiba di Detasemen Iswahyudi Pacitan.

8. Pukul 15.42 WIB, Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si (Kapolda Jatim) dengan menggunakan Hally type Leonardo AW 169/P-3307 (Pilot) Akp.Rino Rizkyan D dan (Copilot) Iptu. Rendi Raka Siwi, S.H  Take Off dari Detasemen Iswahyudi Pacitan menuju Surabaya.

9. Pukul 15.45 WIB, rangkaian kegiatan kunjungan kerja Kapolda Jatim di wilayah Kab. Pacitan selesai dilaksanakan selama kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar.

Sementara itu, menurut Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, kunjungan Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto tersebut dalam rangka meninjau Kamtibmas jajaran kewilayahan. 

"Sebagai bentuk upaya kepedulian Polri kepada masyarakat Kabupaten Pacitan. Terimakasih Kapolda Jatim," ucapnya. 

Polda Jatim akan terus melakukan pemantauan dan penyiapan jalur Nataru termasuk JLS Pacitan guna memastikan kenyamanan dan keselamatan masyarakat yang melakukan perjalanan. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.