https://jatim.times.co.id/
Berita

Sukses Majukan UMKM Surabaya, Eri Cahyadi Terima Penghargaan dari Kemenkop UKM RI

Senin, 09 September 2024 - 14:08
Sukses Majukan UMKM Surabaya, Eri Cahyadi Terima Penghargaan dari Kemenkop UKM RI Sekda Kota Surabaya Ikhsan, mewakili Wali Kota Eri Cahyadi saat menerima penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. (Foto: Dok. Humas Pemkot Surabaya)

TIMES JATIM, SURABAYAWali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima penghargaan Tanda Jasa Bakti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Tahun 2024 dari Menteri Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Republik Indonesia (RI), Teten Masduki.

Penghargaan tersebut merupakan tanda kehormatan atas Jasa dan Darmabaktinya dalam menggerakkan perkoperasian dan UKM di Kota Surabaya. 

Eri mengucapkan banyak terima kasih kepada para pelaku UMKM dan seluruh masyarakat yang terus menggerakkan perekonomian di Kota Surabaya. "Pergerakan ekonomi Kota Surabaya bisa terus meningkat karena ada pengaruh dari para pelaku UMKM," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis. 

Menurut Eri, pertumbuhan UMKM di Kota Surabaya meningkat 30 persen dari jumlah UMKM di tahun sebelumnya. Indikator pertumbuhan jumlah UMKM di Surabaya, lanjutnya, dapat dilihat dari jumlah Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) saat ini.

“Berarti apa yang sudah dilakukan oleh pemkot saat ini sudah on the track, dan harus terus menjalankan UMKM kita. UMKM kita ini sudah sekitar 30 persen dari jumlah yang tahun kemarin, jadi sudah ada ribuan NIB yang kita keluarkan,” ungkapnya. 

Tidak hanya itu, Wali Kota Eri juga membeberkan berdasarkan hasil survei dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), aplikasi e-Peken Pemkot Surabaya masuk ke dalam 5 besar marketplace yang omzetnya terbesar. 

“Nah, ini nanti kalau digenjot terus insyaallah akan lebih besar lagi. Karena itu, nanti saya minta di akhir tahun kita akan melihat (data) lagi yang sudah ber-NIB berapa, dan yang berhasil berapa, serta yang tidak berjalan berapa,” bebernya. 

Orang nomor satu di Surabaya itu menyebut, dalam waktu dekat akan berkolaborasi dengan berbagai hotel di Kota Surabaya. Tujuan dari kolaborasi ini adalah bagian dari upaya pemkot untuk meningkatkan kualitas UMKM di Surabaya. 

“Saat ini, alhamdulillah kita juga sudah sepakat dengan hotel-hotel dan UMKM ini nantinya akan dipandu oleh satu pendamping begitu,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki kepada Wali Kota Eri Cahyadi, yang saat itu diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya Ikhsan. Penghargaan ini berikan bertepatan pada Acara Puncak Peringatan Hari UMKM Nasional di Dining Hall Jakabaring Sport City, Kota Palembang, Sumatera Selatan, (5/9/2024) lalu. (*)

Pewarta : Siti Nur Faizah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.