https://jatim.times.co.id/
Berita

Jambore Kader Posyandu, Bupati Ponorogo: Kader Posyandu Penggerak Kesehatan Masyarakat

Senin, 09 September 2024 - 16:22
Jambore Kader Posyandu, Bupati Ponorogo: Kader Posyandu Penggerak Kesehatan Masyarakat Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko - Lisdyarita memberikan penghargaan kepada kader Posyandu. (FOTO: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PONOROGO – Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo menggelar kegiatan Jambore Kader dan Penggerak Posyandu Aktif Tingkat Kabupaten Ponorogo tahun 2024 di Gedung Sasana Praja, Senin (9/9/2024).

Kegiatan Jambore ini tentunya meningkatkan peran serta kader Posyandu, dalam mewujudkan generasi balita dan ibu-ibu di Kabupaten Ponorogo yang sehat.

Ketua pelaksana kegiatan Jambore Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Dyah Ayu Puspitaningarti menjelaskan bahwa tujuan kegiatan Jambore ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan pembangunan, khususnya di bidang kesehatan. Pasalnya kemampuan hidup sehat setiap individu tentu menjadi faktor utama dalam mewujudkan pembangunan secara menyeluruh.

penghargaan-kepada-kader-Posyandu-2.jpg

Acara Jambore Posyandu tersebut ada beberapa lomba, seperti lomba yel-yel, lomba penyuluhan/ edukasi, yang diikuti semua posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas.

"Pada jambore ini mengundang 1.148 kader Posyandu dari 307 Desa di 21 Kecamatan yang ada di Ponorogo.  Kader ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah dan bisa dihindari. Caranya dengan melakukan perbaikan lingkungan, perubahan perilaku, kemudian menghimbau dengan melakukan cek kesehatan secara berkala," kata Dyah Ayu Puspitaningarti.

Ia juga menambahkan, bahwa kader Posyandu juga dapat memberikan pelayanan dan pemberian asupan gizi, kontrol kepada kunjungan rumah siapa yang sakit kader itu juga memberikan laporan.

Sementara Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko sangat mengapresiasi diselenggarakannya Jambore Posyandu.

"Jambore kader posyandu ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan yang kita berikan  kepada kader posyandu karena mereka telah menjadi ujung tombak unsur kesehatan di tengah masyarakat Kabupaten Ponorogo," ucapnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Pemkab Ponorogo ini menegaskan, pelayanan kesehatan terpadu optimal dapat menciptakan masyarakat yang sehat dan sesuai dengan visi, yaitu terwujudnya pelayanan kesehatan yang bermutu menuju masyarakat yang sehat.

"Dengan kita memberikan pengetahuan terkait pola hidup sehat kepada masyarakat, serta layanan kesehatan harus mampu mengetahui terkait pergeseran penyakit yang ada," tukas Bupati Sugiri Sancoko.

Kader posyandu Karangrejo Ibu Yuniasih mengatakan, kegiatan jambore ini sangat meriah dan terus harus dikembangkan.

"Harapan saya semoga jambore selanjutnya bisa lebih banyak lomba dan kegiatan-kegiatan yang bersifat edukatif sehingga dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan para kader posyandu Kota Metro,” ujarnya. (*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.