Berita

Kades Sumberdem Kabupaten Malang Raih Juara Pertama Paralegal Justice Award 2023

Jumat, 02 Juni 2023 - 14:25
Kades Sumberdem Kabupaten Malang Raih Juara Pertama Paralegal Justice Award 2023 Kades Sumberdem dan empat Kades lainnya saat mendapat apresiasi pada ajang Paralegal Justice Award 2023. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang).

TIMES JATIM, MALANG – Kades Sumberdem Kabupaten Malang, Purwati SE, meraih juara Pertama pada ajang Paralegal Justice Award 2023. Ajang ini digelar Kementerian Hukum dan Ham RI bersama  Mahkamah Agung RI.

Purwati merupakan salah satu Kepala Desa perempuan yang ada di Kabupaten Malang, terpilih menjadi juara pertama Paralegal Justice Award 2023, setelah menyisihkan 765 pendaftar dari 30 Provinsi dan 123 Kabupaten/Kota.

Dikutip dari Situs Pemkab Malang, Jumat, (2/6/2023), Kades Sumberdem Kabupaten Malang menerima penghargaan Paralegal Justice Award 2023, Kamis, (1/6/2023) malam. Penghargaan ini diberikan Ketua Mahkamah Agung RI Prof Dr HM Syarifuddin SH MH.

Turut menyaksikan penyerahan penghargaan ini, Wabup Malang Didik Gatot Subroto. Orang nomor dua Pemkab Malang ini memberikan apresiasi terhadap prestasi yang diraih Kades Sumberdem Kabupaten Malang, Purwati SE tersebut.

"Penghargaan ini akan menjadi semangat dalam rangka membangun sebuah tatanan hukum yang baik dengan harapan problematika-problematika yang ada di tingkat desa bisa ditekan sedemikian rupa,” ujar Wabup Malang Didik Gatot Subroto.

Lebih lanjut dia mengatakan, Paralegal Justice Award merupakan penghargaan diberikan kepada Kepala Desa/Lurah yang telah mendapatkan penghargaan Nonlitigation Peacemaker terhadap menyelesaikan setiap perkara di masyarakat.

"Tentunya dalam menyelesaikan setiap perkara di masyarakat dilakukan secara non litigasi dan inklusif. Sehingga, menggunakan cara-cara yang di luar pengadilan atau menggunakan lembaga alternatif penyelesaian sengketa," jelasnya.

Pada ajang tersebut, terdapat ada empat Kades di Kabupaten Malang yang juga mendapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan Ham RI serta Mahkamah Agung RI.

Selain Kades Sumberdem Kabupaten Malang Raih Juara Pertama Paralegal Justice Award 2023, tiga kades lainnya Kades Tambaksari, Tajinan, Teguh Wiyono meraih 10 Kepala Desa Favorit Publik Paralegal, serta Kades Srigonco, Bantur, Didit Puji Leksono, S dan Kades Wonosari Suwito mendapat penghargaan Anubhawa Sasana Desa Jagadhita.(*)

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.