https://jatim.times.co.id/
Berita

Jelang Hari Raya Waisak, Jemaat Klenteng Tri Dharma Sumber Naga Probolinggo Mandikan Patung Dewa

Kamis, 23 Mei 2024 - 18:49
Jelang Hari Raya Waisak, Jemaat Klenteng Tri Dharma Sumber Naga Probolinggo Mandikan Patung Dewa Salah satu jemaat memandikan patung Budha kecil. (Foto: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Menjelang perayaan Hari Raya Waisak yang digelar Kamis (23/5/2024) Malam, Klenteng Tri Dharma Sumber Naga Kota Probolinggo telah mengadakan ritual memandikan patung dewa sebagai bagian dari perayaan tersebut.

Ritual tersebut dimulai pada pagi hari di halaman luar bangunan Klenteng dengan patung Buddha kecil yang dicuci dan disiram menggunakan air kembang.

Menurut Ervan Sudjianto, pengurus Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Sumber Naga, ritual pemandian patung dewa ini simbolis sebagai upaya membersihkan kotoran batin.

“Juga dapat memberi ketenangan hati dan pikiran di setiap jemaat Klenteng Tri Dharma yang juga turut menyiram patung Buddha,” ujar Ervan.

Upacara ibadah perayaan Waisak akan dilakukan pada pukul 19.00 WIB, sementara detik-detik Waisak jatuh pada pukul 20.52 WIB untuk tahun 2568 BE atau tahun 2024.

“Saat itu seluruh umat dalam keadaan meditasi atau hening,” ungkap Ervan. 

Para jemaat terlibat dalam meditasi atau hening sebelum pembacaan Parita Suci pada pukul 20.30 WIB.

Setelah pengurus melakukan pemandian patung dewa, para jemaat juga diberi kesempatan untuk turut serta dalam ritual tersebut.

Patung dewa Buddha kecil yang dimandikan diletakkan dengan hiasan di depan latar, lengkap dengan panduan untuk pembacaan doa saat memandikannya. (*)

Pewarta : Rizky Putra Dinasti
Editor : Ryan Haryanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.