Berita

Pupuk Indonesia Perluas Jaringan Kios Pupuk Non-Subsidi di Daerah

Minggu, 27 November 2022 - 16:39
Pupuk Indonesia Perluas Jaringan Kios Pupuk Non-Subsidi di Daerah Sejumlah pupuk yang sering digunakan oleh petani. (Foto: antarafoto/dedhez anggara)

TIMES JATIM, KEDIRI – Ketersediaan pupuk bagi para petani di daerah menjadi hal penting untuk pengembangan dan peningkatan hasil budidaya pertanian. Membantu para petani mendapatkan pupuk non-subsidi, PT Pupuk Indonesia memperluas jaringan kios pupuk non-subsidi.  

Saat ini perluasan diutamakan pada kawasan sentra-sentra pertanian di berbagai daerah, termasuk di Nganjuk, Jawa Timur. SVP Transformasi Bisnis Petrokimia Gresik Eko Suroso, mengungkapkan kehadiran jaringan resmi Pupuk Indonesia di daerah, besar harapan bisa dimanfaatkan oleh petani Nganjuk. Petrokimia Gresik sendiri adalah anak usaha dari Pupuk Indonesia.

Tidak hanya untuk memperoleh jaminan orisinalitas pupuk tapi juga manfaat-manfaat lain terkait solusi pertanian. Mulai dari pemeriksaan sampel tanah dari lahan petani untuk diperiksa kadar unsur hara tanah. Pemeriksaan ini dilakukan agar nantinya diketahui rekomendasi pupuk yang sesuai dengan kebutuhan pemupukannya. 

Lalu ada juga ada pusat edukasi agronomis yang membantu petani dalam pemanfaatan pupuk dan pestisida sesuai dengan kebutuhan dan waktu penggunaan yang tepat 

"Sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertaniannya dan pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan petani," ujar Eko Suroso, Minggu (27/11/2022).

Hal senada turut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Muslim Harsoyo. Ia menuturkan dengan banyak manfaatnya, petani perlu memanfaatkan kehadiran jaringan pupuk non-subsidi Pupuk Indonesia. Kios pupuk non subsidi Pupuk Indonesia Nganjuk berada di Desa Mojorembun, Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. 

Sektor pertanian sendiri memang merupakan salah satu sektor unggulan di Kabupaten Nganjuk. Berdasar catatan pada tahun 2020 lalu terdapat 42 ribu hektar  lahan pertanian sawah dan 48 ribu lahan pertanian bukan sawah. 

"Dapat edukasinya, dapat kualitas pupuknya, tepat pengaplikasiannya, meningkat hasil pertaniannya dan pada akhirnya meningkat kesejahteraan petaninya," tegas Muslim Harsoyo. 

Di sisi lain, Senior Project Manager (SPM) Kios Komersial Pupuk Indonesia, Rika Susanty kehadiran jaringan pupuk non subsidi PI di daerah merupakan bentuk kehadiran dan kepedulian Pupuk Indonesia untuk selalu mendekatkan diri dengan petani. 

Serta sekaligus implementasi dari BUMN Hadir Untuk Negeri. "Membuat Pupuk Indonesia semakin dekat (dengan petani) dan masyarakat juga semakin yakin," tutur Rika. 

Rika juga menyebutkan bahwa pihaknya menargetkan untuk mengembangkan 1.000 Toko Pe-i dalam waktu satu tahun kedepan. Oleh karena itu, pihaknya membuka peluang kerjasama kepada berbagai pihak yang berminat, baik perorangan maupun badan usaha yang memiliki kelengkapan izin usaha penjualan retail.

Adapun skema usaha berupa kemitraan Dealer Owned Dealer Operated (DODO), dimana mitra memiliki dan menjalankan operasi secara mandiri. Kelebihan menjadi mitra adalah dapat memberikan jaminan yang menjadi keuntungan atau nilai tambah untuk para mitra. 

Sedangkan jaminan yang dimaksud seperti keaslian produk pupuk, jaminan kualitas produk, jaminan ketersediaan pupuk, kegiatan promosi yang berdampak pada penjualan produk, hingga pemanfaatan teknologi melalui sistem dan aplikasi yang telah disediakan.

"Dengan format seperti ini, kami juga berharap dapat menarik minat generasi milenial untuk bisa mengembangkan usaha bidang pertaniannya dengan menjadi mitra Pupuk Indonesia," ujar Rika.

Adapun syarat untuk menjadi mitra adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki KTP dan NPWP, berbentuk badan usaha atau perorangan, memiliki nomor induk berusaha (NIB), bentuk bangunan dengan luas yang memadai, sampai pada permodalan atau finansial yang baik.

Sampai dengan saat ini Pupuk Indonesia sudah bekerja sama dengan 114 mitra yang tersebar Wilayah Jawa, Bali, Sumatera, dan Kalimantan terhitung sejak bulan Agustus 2022 dan masih terus bertambah. (*)

Pewarta : Yobby Lonard Antama Putra
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.