https://jatim.times.co.id/
Berita

Lestari Moerdijat: Wujudkan Persatuan Demi Keutuhan Bangsa dan Negara

Senin, 09 September 2024 - 21:07
Lestari Moerdijat: Wujudkan Persatuan Demi Keutuhan Bangsa dan Negara Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat memberikan keterangan usai kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Woleng di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Senin (9/9).

TIMES JATIM, MINAHASA SELATAN – Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan di antara setiap warga negara demi menjaga keutuhan bangsa yang rawan terbelah akibat berbagai tantangan yang datang. 

"Di masa lalu ada sebuah negara adidaya yang bernama Uni Soviet. Negara itu kini terbelah menjadi negara-negara kecil," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat pada kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di hadapan kelompok masyarakat Woleng di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Senin (9/9). 

Lestari berharap kondisi serupa tidak terjadi di Indonesia. 

Jangan-jangan, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, akan ada negara Minahasa, negara Bolaang Mongondow dan di Jawa ada negara Banyumas, negara Yogyakarta dan negara Solo. 

Menurut Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI itu, kehancuran sebuah negara sangat mudah terjadi bila kita sebagai bangsa tidak mampu bersama-sama menjaga persatuan. 

Lagu Sorak-Sorak Bergembira, jelas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, menggambarkan rasa syukur kita kepada Tuhan atas kemerdekaan yang tidak mudah kita capai melalui perjalanan panjang. 

Bersyukurlah bangsa Indonesia, tegas Rerie, meski terdiri dari masyarakat beragam agama, suku, dan bahasa, memiliki satu ideologi yang dibalut sebuah rasa dalam bangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan tatanan hukum yang ada dalam UUD 1945.

Pemahaman tentang empat konsensus kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, jelas Rerie, merupakan bagian dari upaya kita mempertahankan keutuhan bangsa dan negara Indonesia. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.