Berita

Menteri PUPR RI Minta Pengembang untuk Tingkatkan Kualitas Pembangunan Rumah Bersubsidi dan Kawasannya

Sabtu, 09 Desember 2023 - 06:15
Menteri PUPR RI Minta Pengembang untuk Tingkatkan Kualitas Pembangunan Rumah Bersubsidi dan Kawasannya Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat menghadiri acara HUT ke-5 HIMPERRA dan Kongres ke-2 HIMPERRA 2023, Kamis malam (7/12/2023). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES JATIM, JAKARTA – Hadir mewakili Presiden RI Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono meminta para pengembang perumahan bersubsidi untuk terus meningkatkan kualitas konstruksi rumah beserta kawasannya lewat bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU). Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan penghuni sehingga meningkatkan produktivitas. 

"Membangun rumah juga harus membangun kawasannya, supaya penghuni jadi lebih nyaman, dengan kenyamanan sehingga lebih produktif para penghuninya. Bukan hanya jalan, PSU juga disediakan untuk fasilitas sanitasi dan air bersih. Kementerian PUPR akan lebih detail pada penyaluran PSU di rumah-rumah bersubsidi," kata Menteri PUPR RI dalam acara HUT ke- 5 Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPERRA) dan Kongres ke-2 HIMPERRA 2023, Kamis malam (7/12/2023).

Menteri PUPR RI mengungkap, pada tahun anggaran 2023 pemerintah menyalurkan bantuan PSU untuk 43.068 unit rumah bersubsidi di seluruh Indonesia berupa  prasarana, sarana, dan utilitas umum. Tujuannya untuk meningkatkan perumahan yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah. 

Dikatakan Menteri PUPR RI, Pemerintah melalui Kementerian PUPR RI juga terus berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas bantuan pembiayaan perumahan, salah satunya melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang dikelola oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

"Hingga saat ini bantuan FLPP anggaran tahun 2023 sudah disalurkan semua 100%. Tercatat sudah ada antrian 16 ribu untuk tahun 2024 dan walaupun anggaran FLPP diperkirakan pada Juli 2024 sudah habis tersalurkan, saya usahakan FLPP ditambah lagi anggarannya," kata Menteri PUPR RI. 

Menteri-PUPR-2.jpg

Dikatakan Menteri PUPR RI, penambahan alokasi bantuan rumah bersubsidi sangat penting mengingat pesan dari Menteri Keuangan yang mengatakan rumah bersubsidi salah satu pendukung perekonomian di Indonesia. 

Berdasarkan data, hingga akhir November 2023, realisasi FLPP sudah mencapai 100% yaitu untuk rumah subsidi sebanyak 220.000 unit. Selain FLPP, juga terdapat bantuan pembiayaan perumahan tahun 2023 meliputi  Subsidi Selisih Bunga (SSB) sebanyak 754.004 unit, dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) sebanyak 220.000 unit. 

Untuk mengajukan permohonan subsidi FLPP, masyarakat dapat mengunduh aplikasi SiKasep  (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan) melalui PlayStore. 

Dalam acara tersebut, Menteri PUPR RI juga mewakili Presiden yang mendapatkan penghargaan Tokoh Bangsa Sejuta Rumah untuk Rakyat. Menteri PUPR RI juga mendapatkan penghargaan dari HIMPERRA sebagai Tokoh Utama Sejuta Rumah untuk Rakyat sebagai rangkaian acara Grand Award pada HUT ke-5 HIMPERRA.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI Iwan Suprijanto, Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Utama Bank BTN Nixon Lambok Pahotan Napitupulu, dan Ketua Umum HIMPERRA masa bakti tahun 2023-2027 Ari Tri Priyono (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.