https://jatim.times.co.id/
Berita

Puteri Wisata Indonesia 2024, Diana Lavanya Ungkap Pentingnya Menjaga Kebersihan Tempat Pariwisata

Kamis, 19 September 2024 - 04:42
Puteri Wisata Indonesia 2024, Diana Lavanya Ungkap Pentingnya Menjaga Kebersihan Tempat Pariwisata Puteri Wisata Indonesia 2024, Diana Lavanya (FOTO: Diana for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, KEDIRI – Tempat wisata yang bersih tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi wisatawan, tetapi juga membantu menjaga keindahan alam dan mencegah kerusakan lingkungan. Dalam hal ini Puteri Wisata Indonesia 2024, Diana Lavanya Putri, mengungkapkan mengenai pentingnya pengunjung dalam menjaga kebersihan tempat pariwisata melalui advokasi yang ia jalankan dengan nama Jagadhita.

"Jagadhita adalah sebuah gerakan atau aksi sosial generasi muda yang peduli akan kebersihan dan kelestarian lingkungan pariwisata," kata Diana sapaan akrabnya kepada TIMES Indonesia melalui pesan tertulis, Rabu (18/09/2024).

Pemilik akun media sosial Instagram @diana.lavanya mengatakan, bahwa menjaga kebersihan itu sangatlah penting karena jika tempat bersih maka wisatawan akan merasa nyaman dan menimbulkan kenangan baik sehingga wisatawan tidak kapok datang ke tempat tersebut.

"Seperti 7 sapta pesona di mana di dalamnya ada poin kebersihan dan kenangan. Artinya dengan kebersihan tempat pariwisata akan membawa dampak yang baik bagi lingkungan serta tidak terjadi pencemaran lingkungan yang dapat menimbulkan bencana alam," ujarnya.

Perempuan cantik lulusan D4 Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang menuturkan, bahwa menjaga kebersihan di lingkungan wisata sangatlah penting untuk kemajuan pariwisata. Dalam artian jika wisatawan mendapat kenangan baik maka akan datang lagi ke tempat tersebut dan secara tidak langsung memberikan dampak positif bagi warga lokal.

"Saya dan tim kerap memberikan sosialisasi kepada wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan memposting poster lewat media sosial mengenai pentingnya menjaga lingkungan wisata karena di era digital sekarang peran media sangatlah penting," imbuh anak tunggal tersebut.

Sebagai Puteri Wisata Indonesia 2024 ia berharap ke depannya di tempat wisata sudah tidak ditemukan lagi masalah penumpukan sampah dan masyarakat sadar akan tanggung jawabnya untuk ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Karena menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola wisata saja namun harus menjadi tanggung jawab semua pihak. Hal ini dapat dimulai dengan hal-hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak fasilitas objek wisata," tuturnya.

Dengan semboyan take only picture leave only footprints ia menegaskan, bahwa sudah seharusnya sebagai generasi muda untuk mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing dengan menjaga kebersihan di lingkungan wisata.

"Bukan hanya sekedar melestarikan pariwisata tetapi juga membantu UMKM yang ada di sekitar lingkungan pariwisata. Mari bersama-sama kita menjadi generasi muda yang sadar akan budaya dan sadar akan kebersihan pariwisata," tutupnya.

Sebagai informasi, berikut prestasi Diana yaitu:

1. Puteri Wisata Indonesia 2024
2. 3rd Ru Puteri Jawa Timur 2023
3. Best Advokasi Puteri Jawa Timur 2023
4. Duta Wisata Galuh Kota Kediri 2022
5. 3rd Ru Gadis Batik 2018
6. Duta Literasi 2017 (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.