https://jatim.times.co.id/
Berita

Libur Lebaran Ramai, PAD Pariwisata Pacitan Masih Jauh dari Target

Rabu, 17 April 2024 - 18:12
Libur Lebaran Ramai, PAD Pariwisata Pacitan Masih Jauh dari Target Objek wisata Banyu Anget salah satu destinasi andalan Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan yang diklaim mendulang pendapatan daerah. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PACITANLibur Lebaran 1445 H membawa berkah bagi sektor pariwisata Pacitan. Ribuan wisatawan memadati berbagai objek wisata, menghasilkan angka kunjungan yang fantastis.

Namun, di balik keceriaan para wisatawan, ada satu hal yang kurang menggembirakan soal pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata ternyata masih jauh dari target.

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pacitan mencatat total 70.426 wisatawan mengunjungi 12 objek wisata yang dikelola Pemkab Pacitan selama libur Idul Fitri 1445 H. Angka ini menunjukkan peningkatan dari tahun lalu yang hanya 62.381 wisatawan.

Destinasi favorit para wisatawan adalah Pantai Klayar dengan 29.330 pengunjung. Diikuti oleh Pantai Watukarung dengan 14.976 pengunjung dan Pantai Srau dengan 11.392 pengunjung.

PAD Baru Capai 10 Persen, Masih Jauh dari Target

Meskipun angka kunjungan meningkat, PAD dari sektor pariwisata masih jauh dari target. Dari target Rp1,2 miliar, hanya tercapai Rp961.960 juta atau 10 persen.

Meski belum sesuai ekspektasi, Disparbudpora Pacitan tetap bersyukur dengan hasil tersebut. Mereka berencana untuk melakukan evaluasi dan memaksimalkan momen libur panjang berikutnya untuk mendongkrak PAD.

Hingga saat ini, total PAD dari sektor pariwisata sudah mencapai Rp2,7 miliar atau 20,08 persen dari target Rp12,5 miliar.

Selain itu, target PAD dari sektor pariwisata Pacitan yang masih belum tercapai semestinya menjadi bahan evaluasi bagi Disparbudpora Pacitan untuk meningkatkan potensi wisata dan memaksimalkan pendapatan daerah. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.