https://jatim.times.co.id/
Berita

Mutasi ke Dirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Buher Punya Segudang Prestasi Selama Jabat Kapolresta Malang Kota

Minggu, 22 September 2024 - 22:01
Mutasi ke Dirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Buher Punya Segudang Prestasi Selama Jabat Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto saat menjabat sebagai Kapolresta Malang Kota. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/2098/XI/KEP./2024 tertanggal 20 September 2024, jabatan Kapolresta Malang Kota masuk dalam gerbong mutasi jajaran Polri. Jabatan Kapolresta Malang Kota yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Budi Hermanto, kini dijabat oleh Kombes Pol Nanang Haryono yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolresta Banyuwangi.

Sedangkan, Kombes Pol Budi Hermanto kini menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jatim.

Kasi Humas Polresta Malang Kota, Ipda Yudi Risdiyanto mengatakan pelaksanaan serah terima jabatan (Sertijab) akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Untuk waktu pastinya kami masih belum tahu. Menunggu petunjuk lebih lanjut dari Polda Jatim," ujar Yudi, Minggu (22/9/2024).

Perlu diketahui, Kombes Pol Budi Hermanto telah menjabat sebagai Kapolresta Malang Kota selama tiga tahun lebih. Selama menjabat, pria yang akrab disapa Buher ini menciptakan berbagai inovasi dan segudang prestasi.

Hal tersebut dibenarkan oleh Yudi. Selama Buher memimpin Polresta Malang Kota, berbagai inovasi yang diciptakan berhasil menjaga keamanan Kota Malang sekaligus memberikan pelayanan publik secara prima.

"Berbagai inovasi maupun prestasi telah ditorehkan. Sehingga, Polresta Malang Kota tetap dapat mempertahankan predikat WBBM maupun predikat Pelayanan Prima dari Kemenpan RB," ungkapnya.

Berikut deretan prestasi dan inovasi yang berhasil diciptakan oleh Kombes Pol Budi Hermanto selama menjabat sebagai Kapolresta Malang Kota:

- Top 5 Besar PKRI 2024 (Pemantauan Keberlanjutan Replikasi Inovasi Jogo Malang Presisi)

- ⁠Piagam Kapolri Predikat Sarpras Ramah Kelompok Rentan 2024 (Musrenbang Polri)

- ⁠Predikat Sarpras Ramah Kelompok Rentan 2023 dari Menpan RB

- ⁠Predikat Pelayanan Prima 2021

- ⁠Predikat Pelayanan Prima 2022

- ⁠Top 15 KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021)

- ⁠Juara 2 Lomba 110 Tingkat Mabes Polri

- ⁠Penghargaan dari Kelompok Difabel Malang Raya sebagai “Bapak Disabilitas”

- ⁠Penghargaan dari Gubernur Jatim sebagai “Institusi Pemerintah Peduli Disabilitas”

- ⁠Program Harian Disabilitas sebagai Pegawai Harian Lepas Polresta Malang Kota

Tak hanya itu, kepeduliannya terhadap kelompok disabilitas juga terbukti nyata. Saat menjabat sebagai Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto merekrut 4 orang disabilitas untuk bekerja di Polresta Malang Kota.

"Maka itu, memang pantas mendapat penghargaan dari Gubernur Jatim sebagai institusi pemerintah peduli disabilitas dan program harian disabilitas sebagai pegawai Polresta Malang Kota," ungkapnya.

Disamping itu, Kombes Pol Budi Hermanto juga berfokus dengan pelayanan publik ramah kelompok rentan. Sebagai informasi, kelompok rentan adalah lansia, ibu menyusui, ibu hamil, maupun disabilitas.

Pada Ruang Pelayanan Terpadu Sarja Arya Racana Polresta Malang Kota telah dilengkapi fasilitas yang memudahkan disabilitas. Seperti pegangan tangan (handrail), guiding block, kursi roda dan kruk, loket khusus untuk kelompok rentan, kursi tunggu prioritas, sarana parkir khusus, hingga pintu sliding otomatis. 

"Lalu, juga aplikasi Jogo Malang Presisi yang terus dikembangkan. Sehingga, Polresta Malang Kota bisa menjadi tempat studi banding bagi Polda dan Polres lainnya," tandasnya.(*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.