https://jatim.times.co.id/
Berita

Pemkot Malang Mulai Siapkan Bantuan Distribusi Logistik

Jumat, 20 September 2024 - 12:39
Pemkot Malang Mulai Siapkan Bantuan Distribusi Logistik Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan saat ditemui awak media. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANGPemkot Malang mulai mempersiapkan teknis bantuan distribusi logistik untuk menjamin kelancaran Pilkada 2024 mendatang. Tak hanya itu, Pemkot Malang juga menyiapkan teknis bantuan bagi keselamatan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan mengatakan, persiapan bantuan ini sudah mulai dibahas sejak beberapa hari terakhir bersama KPU, Bawaslu hingga TNI/Polri.

"Kami membahas ini bersama semua pihak, bicara soal logistik Pilkada pasti KPU, lokasi atau daerah ada di camat dan lurah. Pemerintah dan TNI/Polri mengangkut tempat rawan sampai pada sisi keamanan," ujar Iwan, Jumat (20/9/2024).

Ia mengungkapkan, distribusi logistik untuk Pilkada 2024 menjadi salah satu hal yang paling krusial. Sehingga, pola pengawasan dan pengamanan pada gudang logistik KPU juga diperhatikan.

Persiapan juga menyangkut tentang lokasi dan kondisi tempat penyimpanan kebutuhan perlengkapan pemungutan suara. Apalagi, Kota Malang saat ini mulai memasuki musim penghujan.

Kemudian, Iwan menegaskan bahwa seluruh distribusi bantuan yang disalurkan, harus berjalan tanpa gangguan, seperti tidak ada kekurangan pengiriman dan diterima tepat waktu oleh setiap KPPS.

"Pembahasan kita bersama jajaran samping menjadi gambaran, kemudian kita juga minta satu sampai dua kali lagi dilakukan agar lebih sinkron," ungkapnya.

Selanjutnya, untuk keselamatan dan kesehatan bagi para KPPS yang bertugas di Pilkada 2024, Iwan menyebut bahwa KPPS direkrut harus diperhatikan bagaimana kondisi dan keamanan mereka.

"KPPS yang direkrut harus diperhatikan bagaimana kesehatannya, suplemen sampai BPJSnya. Sebab, mereka bekerja dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pilkada. Jadi jangan sampai ada masalah," jelasnya.

Dengan begitu, Iwan menginstruksikan seluruh jajaran yang ada di puskesmas agar memberikan pelayanan optimal mulai dari pemeriksaan kesehatan bagi calon anggota KPPS hingga memberikan penanganan cepat pada munculnya setiap kejadian kegawatdaruratan.

"Saya menginginkan gratis. Kemudian kalau ada kendala teknis, misal laptop yang dipakai KPPS mengalami gangguan, saya minta camat dan lurah meminjamkan," ucapnya.(*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.