https://jatim.times.co.id/
Berita

Sejarah Hari Ini: 9 Agustus, Bom Atom Nagasaki dan Singapura Menjadi Negara Merdeka

Senin, 09 Agustus 2021 - 09:57
Sejarah Hari Ini: 9 Agustus, Bom Atom Nagasaki dan Singapura Menjadi Negara Merdeka Dua foto yang menunjukkan kepulan asap berbentuk jamur usai ledakan bom atom di Hiroshima (kiri) dan Nagasaki (kanan). Bom atom ini dijatuhkan oleh militer Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 (Hiroshima) dan tanggal 9 Agustus 1945 (kota Nagasaki).

TIMES JATIM, JAKARTA – Beberapa peristiwa penting tercatat pada 9 Agustus. Sejarah hari ini mencatat, pada 9 Agustus -tiga hari setelah bom atom dijatuhkan di Hiroshima - Amerika Serikat kembali menjatuhkan bom atom ke Jepang. Kali ini sasarannya adalah Kota Nagasaki. 74 ribu lebih orang dinyatakan meninggal dalam salah satu tragedi paling kelam dalam sejarah perang dunia. 9 Agustus juga tercatat sebagai hari kemerdekaan Singapura dan pelantikan Gerald Ford sebagai Presiden Amerika Serikat mengantikan Presiden Richard Nixon yang mundur.

1945: Bom Atom Menghantam Nagasaki

Fat-Man.jpgSeorang prajurit Amerika Serikat menyiapkan Fat Man, bom atom yang akan dijatuhkan ke Kota Nagasaki, Jepang. (foto: wikipedia)

Tiga hari setelah menjatuhkan bom atom ke Hiroshima, Pasukan Amerika kembali menjatuhkan bom atom di Nagasaki pada 9 Agustus 1945. Bom tersebut dijatuhkan dengan parasut dari pesawat pengebom B29 Amerika pada pukul 11.02 waktu setempat.

Bom yang diberi nama julukan "Fat Man" mengacu pada Winston Churchill, berukuran 3,5m memiliki kekuatan 22 kiloton TNT dan beratnya 4.050kg meledak sekitar 500m di atas tanah dan menghancurkan kota, yang terletak di sisi barat pulau Kyushu di Jepang.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan dari Guam, Jenderal Carl A Spaatz, Komandan Angkatan Udara Strategis AS di Pasifik, mengatakan: "Penggunaan bom atom kedua terjadi pada siang hari, 9 Agustus, di Nagasaki. "Anggota kru melaporkan hasil yang baik. Tidak ada rincian lebih lanjut yang akan tersedia sampai misi kembali."

Sementara itu, kru penerbang B29 mengatakan asap dari kebakaran yang membentuk jamur di kota itu naik 50.000 kaki (15.240 m).

Sama seperti Hiroshima, Nagasaki dibom karena salah satu pelabuhan terpenting di Jepang yang menyediakan akses vital ke dan dari Shanghai. 74 ribu lebih orang diperkirakan tewas dalam peristiwa ini dan puluhan ribu lainnya terluka dan terkena radiasi.

Setelah bom Nagasaki, Amerika kembali memperingatkan orang Jepang bahwa serangan lebih lanjut dengan sifat yang sama akan dilakukan kecuali mereka menyerah. Lebih dari tiga juta selebaran dijatuhkan dari pesawat Amerika ke kota-kota besar di Jepang. Selebaran itu memperingatkan orang-orang Jepang bahwa lebih banyak senjata atom akan digunakan "berulang kali" untuk menghancurkan negara itu kecuali mereka segera mengakhiri perang.

Pada tanggal 14 Agustus Jepang menyerah kepada Sekutu.

1965: Singapura Merdeka

SingapuraPatung Singa yang ada di Marlion Park yang menjadi ikon Singapura. Patung Merlion berdiri dengan tinggi 8,6 meter dan berat 70 ton. (foto: wikipedia)

Sejarah mencatat, wilayah Singapura menjadi bagian dari Kerajaan Sriwijaya yang saat itu menguasai wilayah semenanjung Malaya. Singapura juga pernah dikuasai Majapahit, dan kerajaan Sabah, Malaysia.

Namun, penataan Singapura secara modern dimulai saat Inggris mulai menguasai tahun 1824. Namun, penguasaan Inggris atas Singapura berakhir pada 1942, seiring kemenangan Jepang pada 15 Februari 1942.

Namun, Jepang hanya sebentar menguasai Singapura. Tanggal 12 September 1945, Singapura diserahkan kembali kepada Inggris lantaran Jepang kalah dalam rangkaian Perang Dunia Kedua itu.

Tahun 1955, pemerintah Britania Raya memberikan kekuasaan berupa pemerintahan otonomi di Singapura. Namun hal ini  tidak berjalan optimal. Singapura akhirnya memutuskan lepas dari Inggris dan bergabung dengan Federasi Malaysia sejak 31 Agustus 1963.

Namun, belum setahun bergabung dengan Federasi Malaysia, kerusuhan antar etnis sering melanda Singapura. Ini membuat Parlemen Malaysia memutuskan melepas Singapura. Negeri singa ini akhirnya memulai hidup mandiri dan pada 9 Agustus 1965, Singapura resmi berdaulat dan merdeka.

1974: Gerarld Ford Gantikan Nixon Sebagai Presiden AS

Gerald FordGerald Ford saat diambil sumpah sebagai Presiden AS ke-38. (foto: history)

Wakil Presiden Gerald Ford dilantik sebagai presiden ke-38 Amerika Serikat menyusul keputusan Presiden Richard Nixon untuk mundur.

Transisi kekuasaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di bawah amandemen ke-25 secara resmi terjadi ketika Nixon menyerahkan surat pengunduran diri kepada Menteri Luar Negeri Dr Henry Kissinger pada 8 Agustus 1974.

Nixon mengundurkan diri untuk menghindari persidangan pemakzulan yang akan digelar kongres. Nixon terjerat kasus Watergate.

Berbicara hanya beberapa menit setelah mengambil sumpah jabatan di Ruang Timur Gedung Putih, Ford yag menjadi presiden pertama yang datang ke kantor tanpa satu suara pun yang mendukungnya berkata: "Anda belum memilih saya sebagai presiden Anda melalui surat suara Anda. Jadi saya meminta Anda untuk mengukuhkan saya sebagai presiden Anda dengan doa-doa Anda." (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.