https://jatim.times.co.id/
Berita

Polinema Gelar Workshop Kurikulum Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur

Senin, 25 Juli 2022 - 10:03
Polinema Gelar Workshop Kurikulum Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur Workshop Kurikulum S-2 Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur (MTRTM) oleh Jurusan Teknik Mesin POLINEMA. (FOTO: POLINEMA for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Jurusan Teknik Mesin (JTM) Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) melaksanakan kegiatan Workshop Kurikulum S-2 Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur (MTRTM) pada Sabtu (23/7/2022).

Workshop yang bertempat di Gedung Pascasarjana dan Gedung Teknik Mesin Lantai 3 ini diikuti oleh seluruh pengajar S-2 MTRTM POLINEMA dan mengundang mitra kerjasama POLINEMA, yaitu PT. INKA, PT Barata Gresik, PT Mikafa Surabaya dan PT Indal Steel Pipe.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan pendidikan, terutama mata kuliah di S-2 MTRM, dengan industri dan dalam rangka memenuhi kebutuhan industri dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Teknik-Mesin-POLINEMA-2.jpg

Ketua Jurusan Teknik Mesin, Ir. Pipit Wahyu Nugroho, MT mengatakan Program Studi ini tidak lepas dan terkait penuh dengan dunia industri.

“Program Studi ini adalah Program Studi S-2 Terapan, yang masih membutuhkan masukan dan sharing dari pihak industri untuk para dosen pengajar khususnya pengajar S-2, terutama untuk silabus dan kurikulumnya dengan dunia industri bisa disamakan,” kata Kajur Teknik Mesin.

Ketua Program Studi S2 MTRTM, Prof. Ir. Syamsul Hadi, MT., Ph.D. menyampaikan bahwa narasumber workshop ini berasal dari empat perusahaan yang mewakili pengguna.

“Kami bisa melihat kebutuhan lapangan dengan cara tracer study alumni yang sudah bekerja di perusahaan atau pengguna alumni S-2 MTRTM. Prodi ini dibuka pada Januari 2020 dan sudah mempunyai empat belas orang doktor pengajar yang relevan di

bidangnya. Alumni pertama ada empat orang yang saat ini sudah bertugas di Jurusan Teknik Mesin Polinema,” jelas Kaprodi S-2 MTRTM.

Prof Syamsul berharap nantinya kurikulum yang sudah disepakati S-2 MTRTM POLINEMA dengan pihak industri dapat segera diimplementasikan dan bisa dijalankan di Program Studi S-2 MTRTM.

Kegiatan sinkronisasi dan validasi kurikulum kurikulum ini dilakukan untuk mengembangkan, menyelaraskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum secara sistematik, prosedural dan efektif.

Beberapa masukan dari pihak industri pada kegiatan ini di antaranya adalah kesesuaian antara teori dan pelaksanaan kerja di dunia industri yang masih ada gap sehingga perlu dilakukan penyesuaian.

Selain itu, diperlukan adaptasi dalam dunia kerja. Misalnya pada industri plastik, kebutuhan kemampuan yang andal dalam proses cetak plastik. pada industri logam dibutuhkan kemampuan untuk desain CNC Spot-Welding, proses pengecoran.

Posisi alumni S2-MTRTM cocok sebagai Manajer bila disertai dengan kemampuan quality control ISO 9001:2015 dan pengetahuan mengenai SNI harus ditekankan.

Laboratorium keahlian, pelaksanaan kunjungan industri, update perkembangan teknologi industri dengan mengikuti pameran dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan serta pemantapan ketrampilan dan kompetensi lulusan sehingga siap terjun ke dunia kerja.

Penguatan leadership dan tim work perlu dikuatkan dalam pelaksanaan pembelajaran. Mahasiswa POLINEMA dapat mengembangkan skill mahasiswa sebagai seorang leader dan mempelajari nilai-nilai kepemimpinan berbasis entrepreneur. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.