https://jatim.times.co.id/
Berita

Banjir Bandang Melanda Dusun Beru Kota Batu Akibat Sampah Tersumbat di Sungai

Jumat, 08 Desember 2023 - 20:51
Banjir Bandang Melanda Dusun Beru Kota Batu Akibat Sampah Tersumbat di Sungai Penyebabnya sama sungai tersumbat material potongan pohon hutan dan sampah. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BATU – Banjir bandang melanda Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kota Batu pada sore Jumat (8/12/2023) karena sungai Kali Paron meluap. Kejadian ini disebabkan oleh tersumbatnya sungai akibat material penebangan pohon dari hutan liar dan sampah.

Hujan deras di wilayah Tulungrejo memunculkan banjir bandang. Air bergerak turun dengan kecepatan tinggi dan meluap di wilayah Kali Paron yang memang memiliki kontur yang berbelok dan menyempit.

Beberapa sudetan saluran baru pun tidak mampu menampung, hingga air meluber ke dimensi 50 meter dan tertutup lumpur setebal 5 cm.

Peristiwa ini mengakibatkan beberapa rumah warga serta perabotan terendam banjir luapan khususnya di Jl. Hasanuddin RT 01 dan RT 02, Dusun Beru. Jalan Kastubi, Desa Bumiaji tertutup material lumpur, Jalan Desa Sumbergondo, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji tertutup lumpur setebal ± 10 cm, termasuk jalan di depan Balai Desa Bumiaji dan di depan kantor  Pajak, Jl  Raya Pandanrejo  tergenang material banjir luapan sehingga menyebabkan arus lalu lintas menjadi terhambat.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kita lakukan beberapa langkah seperti melakukan kaji cepat dan menutup ruas Jl Raya Pandanrejo," ujar Agung.

Juga dilakukan pembersihan lumpur secara manual maupun alat berat dengan dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup dan pembersihan material jalan yang berlumpur oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Menurut Agung, pihaknya mempersiapkan pemberian bantuan logistik untuk warga terdampak banjir serta melakukan normalisasi aliran Kali Paron dan saluran irigasi bersama dinas terkait.(*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.