https://jatim.times.co.id/
Berita

Humaniora UIN Malang Dorong Mahasiswa Bisa Raih Beasiswa ke Luar Negeri

Jumat, 29 Maret 2024 - 20:04
Humaniora UIN Malang Dorong Mahasiswa Bisa Raih Beasiswa ke Luar Negeri Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Ada banyak cara yang dilakukan Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mahasiswa. Salah satu caranya yakni dengan mendorong mahasiswa untuk bisa belajar ke luar negeri, melalui berbagai skema beasiswa yang ada.

Dekan Fakultas Humaniora UIN Malang, M. Faisol, untuk hal tersebut, pihak fakultas selalu aktiv dalam memberikan informasi dan sosialisasi tentang beasiswa yang bisa diupayakan oleh para mahasiswa. Dia menyebut, terdekat ini mereka telah memberikan sosialisasi progtam beasiswa Mora Overseas Student Mobility Awards (MOSMA).

Mosma sendiri adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran pelajar di luar negeri selama 1 semester.

"Dalam upaya memberikan informasi yang komprehensif kepada mahasiswa, Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan acara sosialisasi Mosma," ucapnya.

Dia menyebut, acara sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi lengkap tentang program Mosma termasuk persyaratan dan cara pendaftaran. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan tips dan trik untuk meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa Mosma.

Dia yakin, apabila mahasiswa bisa meraih beasiswa ke luar negeri seperti yang ditawarkan pada program Mosma ini, hak ini akan dapat memperkaya cakrawala pengetahuan para mahasiswa. Di sisi lain juga akan memberikan pengalaman serta berpeluang terbukanya jaringan internasional bagi mahasiswa.

“Kegiatan ini digelar untuk mendorong mahasiswa Humaniora untuk terlibat dalam event internasional. Bagi yang lolos akan mendapat pengetahuan, pengalaman dan jaringan global,” tegasnya.

Faisol menerangkan, pada tahun yang lalu, 7 mahasiswa Fakultas Humaniora lolos dalam seleksi MOSMA, sehingga Harapanya tahun ini akan lebih banyak lagi mahasiswa yang lolos dalam beasiswa tersebut.

"Bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti program MOSMA ini, mereka akan diberi pedampingan oleh Fakultas Humaniora," pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.