Wisata

Menikmati Pesona Matahari Terbit Di Pantai Blibis Banyuwangi

Sabtu, 27 Mei 2023 - 05:09
Menikmati Pesona Matahari Terbit Di Pantai Blibis Banyuwangi Sunrise di Pantai Blibis dengan pemandangan nelayan yang baru menepi di pagi hari. (FOTO: Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Tak diragukan lagi, Kabupaten Banyuwangi akan keeksotisan pantainya yang membahana. Bukan hanya yang terkenal hingga mancanegara seperti Pulau Merah saja, pantai yang belum pernah terdengar telingapun juga menyimpan pesonanya. Seperti kecantikan matahari terbit di Pantai Blibis Banyuwangi.

Pantai yang berada di Dusun Blibis, Desa Pantoman, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi ini masih satu komplek dari Pantai Blimbingsari dan Pantai Pecemengan yang terletak di timur Banyuwangi. Oleh sebab itu pantai ini juga dapat dijadikan alternatif wisata mencari keindahan sunrise di Banyuwangi.

Lembayung mentari pagi, jadi potret keindahan Pantai Blibis. Itulah sisi lain dalam menikmati pantai yang berada di kawasan Bali-nya Banyuwangi. Disebut demikian karena Desa Patoman terkenal akan kampung Bali-nya yang kental. Oleh sebab itu Pantai Blibis sering digunakan untuk upacara Melasti.

Sunrise-di-Pantai-Blibis-2.jpgSuasana sunrise di Pantai Blibis jam 05.00 yang berlokasi di Dusun Blibis, Desa Pantoman, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi. (FOTO : Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

Selain sunrise dengan pemandangan yang elok dan pantai yang menghadap Pulau Dewata Bali. Vegetasi yang dipenuhi pohon kelapa menjadikan pantai berpasir hitam ini sangat terasa keeksotisan ala pantai tropis. Pengunjung dapat bersantai di tepian pantai saraya menikmati angin laut yang semilir dengan keteduhan pohon kelapa dengan pemandangan ombak khas pantai utara.

Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Pantai Blibis, harus menempuh sejauh 20 kilometer (km) dari pusat Kota Banyuwangi, jika dihitung dengan waktu akan menghabiskan 30 menit perjalanan dalam kecepatan normal. Wisatawan yang turun melalui Bandara Internasional Banyuwangi dan ingin ke Pantai Blibis hanya butuh 7 Menit perjalanan dengan 3 km jaraknya.

Namun pengunjung harus sedikit ekstra menemukan lokasinya, karena harus melalui perkampungan dengan lokasi yang tersembunyi. Bahkan untuk menuju ke sana para wisatawan melalui pemakaman yang hanya berjarak 50 meter dari pantai.

Untuk masuk ke Pantai Blibis hanya dipatok biaya parkir yaitu Rp2000 saja. Pantai ini juga terkenal akan kuliner ikan bakarnya seperti Pantai Blimbingsari. Karena memang masyarakat daerah pesisir Blibis banyak penghasil ikan tangkapan pancing atau jaring.

Jadi selain suguhan pemandangan, kalian juga dapat suguhan kuliner ikan bakar dengan es kelapa muda sebagai pelengkap kuliner Pantai Blibis seraya memandang perahu-perahu nelayan bersandar kala pagi.

"Ke sini saat musim kemarau saja. Jadi kesempatan lihat matahari terbit lebih bagus tak tertutup awan," ucap salah satu nelayan Blibis, Nurhidayat (26/5/2023). (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.