https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura Berdayakan Kelompok Peternak di Sampang

Minggu, 08 September 2024 - 15:28
Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura Berdayakan Kelompok Peternak di Sampang Tim Program Pengabdian Masyarakat Fakultas Pertanian UTM memberikan bantuan alat pencacah ke kelompok peternak di Dusun Olong, Desa Bunten Barat, Sampang. (Foto: Fakultas Peternakan UTM)

TIMES JATIM, BANGKALAN – Satu lagi, usulan program pengabdian masyarakat dari Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura lolos seleksi pendanaan. Usulan tersebut mengambil tema pendampingan kelompok peternak di Dusun Olong, Desa Bunten Barat, Kabupaten Sampang. Tim pengusul terdiri dari Dian Farida Asfan (Prodi TIP), Slamet Widodo, dan Sri Ratna Triyasari (Prodi Agribisnis). 

Kegiatan pendampingan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas produksi pakan dan manajemen pemasaran. Tidak hanya pelatihan, kelompok peternak juga mendapatkan mesin pencacah dan mesin pencampur. 

Ketua kelompok peternak, Yanto, menyambut baik kegiatan ini. Harapannya perbaikan kualitas produk pakan dan pemasaran akan dapat meningkatkan kesejahteraan peternak.

Peternakan-Kambing.jpgKandang kambing milik kelompok peternak di Dusun Olong, Desa Bunten Barat, Kabupaten Sampang. Peternak mendapat pendampingan dari dosen Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura.

Sementara itu, menurut Dian Farida Asfan, pendampingan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab perguruan tinggi dalam berperan aktif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Durasi program mulI Agustus hingga Desember 2024 nantinya diharapkan akan dapat membantu memecahkan permasalahan yang selama ini dihadapi oleh kelompok.

"Harapan kami, kelompok peternak akan semakin dapat berkembang," ucapnya.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa untuk mendampingi peternak. Sebanyak lima mahasiswa terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan mahasiswa ini direkognisi menjadi 20 sks melalui skema MBKM.

Fakultas-Pertanian-UTM-a.jpgDosen, mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Trunojoyo Madura bersama kelompok peternak di Dusun Olong, Desa Bunten Barat, Kabupaten Sampang. 

Slamet Widodo, sebagai tim pengusul, menegaskan bahwa apapun kegiatan yang dilaksanakan di masyarakat harus mampu menyelesaikan permasalahan utama mereka. Keberlanjutan nafkah sudah seharusnya menjadi tujuan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini.

"Apapun skemanya, nafkah berkelanjutan adalah kuncinya," ucapnya. (*)

Pewarta : Valentina Kusmila Putri (MG)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.