Pendidikan

Kinerja Rektorat Unisla dan YPPPTI Sunan Giri Lamongan Kembali Normal

Selasa, 30 Mei 2023 - 10:02
Kinerja Rektorat Unisla dan YPPPTI Sunan Giri Lamongan Kembali Normal Pj Rektor Unisla Dr Abdul Ghofur pertama kali menduduki kursi jabatannya setelah berhasil membuka paksa ruangan rektorat dan yayasan, Selasa (29/5/2023). (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, LAMONGAN – Rektorat Universitas Islam Lamongan (Unisla) kembali bekerja normal untuk menjalankan tugas dan wewenangnya. Satu diantaranya kegiatan Tri Dharma Peguruan Tinggi, baik dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian sebagaimana mestinya.

Begitu juga demikian  dengan Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Islam Sunan Giri Lamongan (YPPTI Sunan Giri Lamongan) kembali menjalankan tanggung jawabnya setelah susunan pembina, pengurus dan pengawas yayasan yang menaungi Unisla ini telah sah secara administrasi kenegaraan. 

Seperti diketahui bahwa, Dr Abdul Ghofur ditunjuk sebagai Pj Rektor Unisla yang sah sebagaimana SK Ketua YPPTI Sunan Giri Lamongan No. 51/KEP/YPPTI-SG/2023. Ghofur sebagai Pj Rektor juga sah secara hukum dan tervalidasi oleh Pangkalan Data Perguruan Tinggi Kemendikbud RI. 

Sedangkan, YPPTI Sunan Giri Lamongan juga sah berdasarkan Akta Pernyataan keputusan Risalah rapat Pembina YPPTI Sunan Giri Lamongan No.12 tanggal 15 Mei 2023 dibuat dihadapan Maria Gunarti, SH., M. Kn, Notaris Jakarta Selatan. 

Susunan pengurus YPPTI Sunan Giri Lamongan juga diperkuat dengan Akta Notaris No. 88 tanggal 26 Mei 2023 oleh pejabat notaris Muhammad Kholid Artha, S. H dari Jakarta Selatan dengan No SK. AHU-AH.01.06-0024662. 

Ketua Pembina YPPTI Sunan Giri Lamongan KH Mochammad Machsoem Faqih mengatakan, agar yayasan dan rektorat Unisla bisa bekerja menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing maka diperlukan ruangan kerja. 

Karena ruangan YPPTI Sunan Giri Lamongan dan Rektorat Unisla sebelumnya telah terkunci dan ada indikasi pihak lain yang menyegel, Gus Machsoem mengungkapkan, maka pihaknya membuka dengan paksa. 

"Intinya yang kami lakukan bukan penjebolan. Karena kuncinya hilang, maka kita buka dengan paksa. Dan ini bukan bagian dari tindakan menduduki. Karena ini ruangan kami dan kita telah berkedudukan disini," kata Gus Machsoem, Selasa (30/5/2023). 

Setelah terbukanya ruangan YPPTI Sunan Giri Lamongan dan Rektorat Unisla, Gus Machaoem menginstruksikan, agar seluruh pengurus yayasan dan jajaran pimpinan perguruan tinggi Unisla untuk bisa kembali bekerja sesuai tanggung jawabnya masing-masing. 

"Kami menginstruksikan pendidikan perguruan tinggi ini harus tetap dan terus berjalan. Kami meminta tidak boleh ada yang berkurang dan semuanya harus sesuai dengan perencanaan di kampus ini," ucapnya. 

Gus Machsoem menegaskan, YPPTI Sunan Giri Lamongan melalui Unisla akan terus berkomitmen memberikan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas, bertanggung jawab dan legal secara hukum yang berlaku.

"Untuk menjaga stabilitas dan kesehatan pengelolaan Unisla, Juli mendatang kita akan mengagendakan pemilihan rektor. Sehingga, agenda besar Unisla seperti Yudisium dan Wisuda telah memiliki rektor secara definitif dan sah secara hukum," ujar Gus Machsoem.(*)

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.