https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Prosesi Kadga Pora Warnai Sertilat Stick Master DC Adhipramana Citra Bhayangkara 

Senin, 21 Oktober 2024 - 17:36
Prosesi Kadga Pora Warnai Sertilat Stick Master DC Adhipramana Citra Bhayangkara  Damar Hakim Lazuardi Rahman, salah satu stick master DC Adhipramana Citra Bhayangkara saat prosesi kadga pora serah terima alat kepada Angkatan V, Senin (21/10/2024). (FOTO: Dok.DC Adhipramana Citra Bhayangkara)

TIMES JATIM, SURABAYA – Tim Drumband Corps (DC) Adhipramana Citra Bhayangkara SMAN 2 Taruna Bhayangkara Angkatan IV melakukan prosesi serah terima alat atau Sertilat kepada adik kelas angkatan berikutnya sebagai tradisi turun temurun.

Prosesi kadga pora, mengiringi penyerahan stick dari stick master lama kepada stick master baru, membuat suasana semakin sakral.

DC-Adhipramana-Citra-Bhayangkara-2.jpg

Prosesi Sertilat DC Adhipramana Citra Bhayangkara, Senin (21/10/2024). (FOTO: Dok.DC Adhipramana Citra Bhayangkara)

DC Adhipramana Citra Bhayangkara sebelumnya telah tampil apik dan memukau dalam Puncak Peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Timur di Halaman Gedung Negara Grahadi pada 12 Oktober 2024 kemarin.

Mereka mengusung tema Gama Nirwasita, Perjalanan Misi Kebajikan Patih Gajah Mada dalam Ekspedisi Maritim Nusantara.

Pembina DC Adhipramana Citra Bhayangkara SMAN 2, Naufal Yoga, mengatakan, setelah penampilan terakhir mereka di Grahadi, anggota DC Adhipramana Citra Bhayangkara Angkatan IV  mengadakan seremoni Sertilat kepada Angkatan V.

DC-Adhipramana-Citra-Bhayangkara-3.jpg

Damar Hakim Lazuardi Rahman, salah satu stick master DC Adhipramana Citra Bhayangkara bersama adik angkatan, Senin (21/10/2024). (FOTO: Dok.DC Adhipramana Citra Bhayangkara)

"Sertilat merupakan prosesi serah terima alat DC dan alih kemampuan dari kakak asuh kepada adik asuh dalam kehidupan ketarunaan," ujarnya, Senin (21/10/2024).

Ia menambahkan, Sertilat ini bertujuan sebagai bentuk estafet pola pengasuhan kakak asuh kepada adik asuh agar terus berjalan serta mewarisi sikap disiplin dan seni yang mereka tanamkan dalam drumband corps.

"Harapan kami terkait sertilat ini adalah proses kedisiplinan dan warna seni yang dibentuk dalam DC akan semakin baik dan berinovasi ke depannya. Kita memiliki motto, jangan tampil bagus, tapi tampil gila," ungkap Naufal.

Damar Hakim Lazuardi Rahman, salah satu stick master yang menyerahkan alatnya dalam tradisi kadga pora, turut mengungkapkan kebanggaan tersendiri.

"Saya merasa sangat bangga karena bisa meneruskan tradisi-tradisi dan kemampuan yang baik kepada adik-adik asuh saya yang sekarang mengemban amanah dalam memimpin Drum Corps Adhi Pramana Citra Bhayangkara ini," ucap Damar.

Setelah purna tugas ini, ia memastikan bisa makin fokus dalam belajar dan berlatih untuk menuju jenjang berikutnya.

Damar Hakim juga berpesan untuk adik-adik Taruna Bhayangkara Angkatan V, agar terus semangat dan termotivasi.

"Semoga kalian bisa melebihi kemampuan dan prestasi kakak-kakak Taruna Bhayangkara Angkatan IV, dan teruslah maju membesarkan nama Drum Corps Adhipramana Citra Bhayangkara ini. Kakak-kakak kalian percaya dan bangga kepada kalian," kata Damar memberikan pesan.

Damar juga mengungkapkan antusiasme dapat tampil dalam Puncak Peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Timur.

"Itu merupakan penampilan terakhir saya untuk Drumband Adhipramana Citra Bhayangkara ini, karena saya sudah kelas XII. Setelah ini, kami akan alih tugas untuk adik-adik kelas kita, Taruna Bhayangkara V," ucap Damar.

Selama menjadi Stick Master Drumband Adhipramana Citra Bhayangkara IV, Damar Halim dan tim telah meraih banyak prestasi. Antara lain Juara Favorit Kapolres Madiun Cup dan Juara III Drum Band SMA Taruna Creative Camp di Kota Batu. 

Damar bersama tim juga kerap tampil di tingkat kabupaten seperti saat 17 Agustus kemarin di Taman Blambangan Banyuwangi maupun provinsi seperti di Gedung Negara Grahadi.

"Tahun lalu, untuk kakak kelas kami juga tampil di HUT Provinsi Jatim, grup kami sudah tampil selama tiga tahun berturut-turut," tambahnya. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.