https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang Siap Terbitkan Jurnal Bereputasi Internasional

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 13:43
Mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang Siap Terbitkan Jurnal Bereputasi Internasional 12 mahasiswa Fakultas Humaniora yang mengikuti pelatihan penulisan jurnal di Yogyakarta. (FOTO: Dokumentasi Fakultas Humaniora)

TIMES JATIM, MALANG – Sebanyak 12 mahasiswa Fakultas Humaniora, UIN Maliki Malang yang lolos di program Student Academic Enhancement, siap untuk menerbitkan jurnal bereputasi internasional di SINTA 2. Hal ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang sudah mereka dapatkan sebelumnya di Yogyakarta selama tiga hari.

Program Student Academic Enhancement ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas akademik mahasiswa Fakultas Humaniora di bidang academic writing skills. 12 mahasiswa ini terdiri dari 6 mahasiswa prodi Sastra Inggris dan 6 mahasiswa Prodi Sastra Arab.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang, Dr. Hj. Galuh Nur Rohmah, M.Pd., M.Ed. menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu respon dari kebijakan universitas untuk dapat mengganti skripsi dengan penerbitan artikel jurnal.

Fakultas-Humaniora-UIN-Maliki-Malang-2.jpgTampak depan Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang. (FOTO: Firda Aulia Rachmasari/TIMES Indonesia)

Program ini juga hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Humaniora angkatan 2020 ke bawah.

Sejauh ini, 12 mahasiswa yang lolos seleksi sudah merampungkan coaching clinic penulisan artikel jurnal ilmiah di IA Scholar KGA Yogyakarta mulai 31 Juli sampai 2 Agustus 2022 lalu. 

Ayu Setia Ningsih, mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2020 yang juga mengikuti program ini mengaku senang karena dengan kebijakan baru ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengerjakan jurnal bereputasi internasional sebagai pengganti skripsi.

"Senang sekali dengan kebijakan baru ini. Kampus juga membantu kami untuk belajar bagaimana cara membuat jurnal artikel dengan bekerja sama dengan IA Scholar ini," terangnya saat dimintai keterangan pada Jumat (5/8/2022).

Selama mengikuti tiga hari pelatihan di Yogyakarta, seluruh mahasiswa ini diajari bagaimana untuk menuliskan sebuah artikel ilmiah mulai dari introduction, literature review, result and discussion, dan lain sebagainya.

Fakultas-Humaniora-UIN-Maliki-Malang-3.jpg12 mahasiswa Fakultas Humaniora yang mengikuti pelatihan penulisan jurnal di Yogyakarta. (FOTO: Dokumentasi Fakultas Humaniora)

Para peserta ini juga diberikan pelatihan bagaimana untuk menggunakan Mendeley untuk mengutip atau mencari referensi serta bagaimana cara menulis judul dan isi paragraf dengan baik.

Ayu mengaku, ia dan 11 mahasiswa yang mengikuti program Student Academic Enhancement ini siap untuk melanjutkan draft artikel yang sudah mereka tulis, dan selanjutnya dapat terbit di jurnal SINTA 2. Ia juga berharap dengan segala ilmu yang ia dapatkan selama ini dapat ia salurkan kepada teman-teman yang lain.

"Target saya setelah ini semoga bisa lolos di jurnal SINTA 2 atau lanjut di Scopus. Dan semoga bekal dan ilmu yang saya terima ini bisa saya sebarkan ke teman-teman lain. Jadi sembari berkarya, sembari saya sebarkan ilmu saya ke teman-teman," pungkas mahasiswa Sastra Inggris UIN Maliki Malang angkatan 2020 ini. (*)

Pewarta : Firda Aulia Rachmasari (MG-415)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.