https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Catat! Inilah Kunci Sukses Lolos Seleksi Mandiri di PTN

Sabtu, 27 Mei 2023 - 02:40
Catat! Inilah Kunci Sukses Lolos Seleksi Mandiri di PTN Ilustrasi - Seleksi Mandiri

TIMES JATIM, JAKARTA – Seleksi mandiri akan segera dibuka dalam beberapa saat lagi setelah pelaksanaan UTBK resmi selesai. Bagi calon mahasiswa baru yang tidak lolos dalam dua tes sebelumnya untuk masuk perguruan tinggi negeri maka tidak perlu khawatir sebab masih ada satu tes lagi yang bisa diikuti jalur mandiri.

Umumnya perguruan tinggi negeri akan membuka pendaftaran calon mahasiswa baru dengan seleksi jalur mandiri pada bulan juni dan juli. Proses tes umumnya akan dilakukan pada bulan agustus dan dilanjutkan dengan proses lainnya seperti verifikasi hingga pendafataran ulang, sehingga peserta mengikuti orientasi.

Seleksi Mandiri untuk masuk PTN adalah sistem penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan oleh pihak Perguruan Tinggi Negeri secara otonomi. Tata kelola dan aturan seleksi mengenai semua prosesnya didesain secara khusus sesuai dengan kebutuhan PTN itu sendiri.

Salah satu contoh Seleksi Mandiri PTN bisa semua calon mahasiswa lihat dari Universitas Brawijaya. Kampus negeri yang masuk dalam favorit nasional dan berlokasi di Jawa timur Kota Malang ini juga menyelenggarakan seleksi mandiri yang dikenal dengan SELMA UB.

Untuk merealisasikan hal tersebut maka berikut ini merupakan tips dasar agar mudah lolos tes seleksi jalur mandiri di PTN.

4 Kunci Lolos Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri

Ada empat hal utama yang secara akumulatif bisa menjadi dasar utama mengapa peserta bisa lolos seleksi jalur mandiri di PTN. Beberapa kunci lolos seleksi dibawah ini merupakan pertimbangan yang seringkali menjadi acuan penting semua peserta.

Perhatikan Prosedur dan Persyaratan Seleksi

Tips pertama yang bisa menjadi acuan penting bagi semua peserta agar mudah lolos dalam seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri adalah memperhatikan secara detail semua prosedur dan syarat. Hal ini menjadi awal mula peserta bisa menjadi lebih baik dalam menyiapkan segala startegi sebelum mengikuti tes.

Salah satu prosedur yang perlu diperhatikan tentunya pengumuman kuota dan jadwal pelaksanaan tes. Perhatikan secara up to date mengenai informasi tersebut secara akumulatif agar peserta tidak salah salam melakukan dan mengikuti semua rangkaian tes.

Perhatikan juga beberapa hal yang berhubungan dengan semua mekanisme tes yang bisa dilakukan. Umumnya beberapa kampus negeri akan memberikan bocoran mengenai apa saja soal yang akan diujikan pada saat proses seleksi.

Pilih Prodi Sesuai Dengan Kemampuan

Tips kedua yang bisa menjadi acuan penting bagi semua peserta agar mudah lolos dalam seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri adalah memilih prodi sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta.

Sangat tidak direkomendasikan bagi peserta yang memilih program studi karena peminatnya banyak atau jumlah peminatnya rendah. Sebab dua hal ini memiliki kekurangan, salah satunya pilihan tidak sesuai dengan kemampuan sehingga bisa membuat kesulitan pada saat peserta mulai mempelajari materi tersebut.

Pilih Metode Tes Paling Sesuai

Tips ketiga yang bisa menjadi acuan penting bagi semua peserta agar mudah lolos dalam seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri adalah memilih metode tes paling mendukung. Pasalnya pada tahun ini ada beberapa aturan mengenai tes mandiri untuk masuk kampus PTN.

Salah satu aturan tersebut adalah tersedianya pilihan untuk menyertakan nilai UTBK pada tahap seleksi. Nilai UTBK ini nantinya akan menjadi pertimbangan tambahan bagi semua peserta agar bisa lolos pada seleksi tahap lanjut.

Akan tetapi hal ini tidak berlaku pada semua PTN, oleh sebab itulah maka perlu ada upaya strategis dalam menentukan metode tes terbaik. Jika dinilai UTBK memiliki kemampuan untuk dongkrak untuk lolos, maka bisa menjadi pertimbangan untuk disertakan, namun jika tidak maka direkomendasikan untuk tes tulis seperti biasa.

Perbanyak Latihan Soal

Tips terakhir yang bisa menjadi acuan penting bagi semua peserta agar mudah lolos dalam seleksi jalur mandiri masuk perguruan tinggi negeri adalah tentunya memperbanyak latihan soal. Apalagi jika pihak PTN pilihan telah memberikan kisi-kisi soal untuk diujian nantinya.

Materi soal seleksi mandiri perguruan tinggi negeri pada umumnya akan berbasis pada metode dasar seperti tes kemampuan umum, tes potensi akademik, dan lainnya.

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.