https://jatim.times.co.id/
Olahraga

YYEP Chess CUP 2022 Jadi Ajang Pencarian Bibit Unggul Atlet Catur di Sidoarjo

Minggu, 07 Agustus 2022 - 17:10
YYEP Chess CUP 2022 Jadi Ajang Pencarian Bibit Unggul Atlet Catur di Sidoarjo Sejumlah peserta saat mengikuti turnamen catur bertajuk 'YYEP CHESS CUP 2022' yang di gelar di Kawasan Waru, Sidoarjo. (Foto: Rudi Mulya/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SIDOARJO – Ratusan pecatur dari beberapa kelompok usia  mengikuti turnamen catur bertajuk 'YYEP CHESS CUP 2022' yang digelar di Kawasan Waru, Sidoarjo, Minggu (7/8/2022). Turnamen yang digelar dalam rangka menggali potensi bibit unggul atlet catur di Kabupaten Sidoarjo tersebut diikuti pecatur dari wilayah Kabupaten Sidoarjo dan beberapa pecatur dari Kota dan Kabupaten di Jawa Timur.

"Turnamen Catur ini baru kita gelar pertama kali dan terbuka untuk umum. Serta tak ada batasi usia," kata Bambang Suryono, Ketua Panitia YYEP CHESS CUP 2022 kepada jurnalis, Minggu (7/8/2022).

Bambang menambahkan liga catur seperti ini digelar untuk menumbuhkan bibit-bibit pecatur baru, khususnya dilingkup Percasi Sidoarjo. Diharapkan, dengan adanya turnamen ini, para pecatur muda yang mempunyai kejelian dan kemampuan lebih, nantinya bisa mengikuti ajang yang lebih tinggi.

YYEP-CHESS-CUP-2022-2.jpg

Liga kali ini, sambung dia, menggunakan sistem swiss tujuh babak. Setiap para pecatur bermain tujuh kali dengan sistem random yang sudah ditentukan oleh sistem.

“Peserta dengan poin paling banyak akan menjadi juaranya. Semoga gelaran seperti ini bisa sering digelar untuk menggali potensi atlet catur yang ada di Sidoarjo," harapnya.

Sementara itu, Edy Widodo Dewan Pembina Yayasan Yayuk Edi Peduli (YYEP) mengungkapkan jika gelaran turnamen catur 'YYEP CHESS CUP 2022' bertujuan untuk menjaring bibit atlet catur di Sidoarjo, selain itu juga untuk  mengasah kemampuan peserta muda (dini- red) di olahraga Catur.

"Harapan kita, dari event ini muncul bibit atlet catur yang di miliki Sidoarjo. Kita akan fasilitasi atlet atlet catur yang potensial agar bisa berprestasi di olahraga catur ditingkat Jawa Timur maupun tingkat Nasional," harapnya.

Sementara itu, Ketua PERCASI Kabupaten Sidoarjo, Yusuf Satriyono sangat mendukung event catur yang digelar YYEP ini.

"Harapan saya, muncul bibit atlet baru di even catur 'YYEP Chess CUP 2022' ini. PERCASI Sidoarjo Support dan mendukung penuh event event catur di Kota Delta," ungkapnya.

YYEP-CHESS-CUP-2022-3.jpg

Yusuf berharap kompetisi atau liga catur seperti ini sesering mungkin atau rutin digelar, agar tujuan utama ada bibit unggul atlet catur di Sidoarjo terwujud.

“Turnamen ini merupakan salah satu instrumen untuk meningkatkan prestasi dan kapasitas pecatur. Harapan tentu muncul bibit unggul atlet catur asal Sidoarjo yang sesuai harapan kita bisa berprestasi di luar Sidoarjo dan Nasional,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Rudi Mulya
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.