https://jatim.times.co.id/
Gaya Hidup

Es Dengan Nama Aneh ini Enak dan Tak Kalah Segar

Sabtu, 13 Juni 2020 - 12:40
Es Dengan Nama Aneh ini Enak dan Tak Kalah Segar Ilustrasi. (Foto: iStock)

TIMES JATIM, JAKARTA – Indonesia kaya akan kuliner yang khas. Tak melulu soal makanan, minuman juga tak kalah tenar. Terlebih jika makanan atau minuman tersebut punya nama yang aneh. Nah berikut ini ada es dengan nama aneh.

1. Es Laksamana Mengamuk

Es-Aneh-2.jpgFoto: tandaseru.id

Namany seram ya, tapi es dari daerah Riau ini punya sensasi segar. Isinya terdiri dari campuran buah kweni matang yang dipotong dadu, biji selasih, santan dan daun pandan.

Lantas kenapa namanya 'Laksamana Mengamuk'. Konon nama itu berasal dari kisah seseorang laksamana yang mengamuk karena istrinya dibawa kabur oleh pemilik kebun kweni. Karena kemarahannya sang Laksamana pun mengempaskan pedangnya ke segala arah dan membuat buah kweni jatuh dari pohonnya. Warga yang melihat kemudian memungut buah-buahan yang jatuh dan meraciknya menjadi minuman. Hehe.. lucu ya

2. Es Air Mata Pengantin

Es-Aneh-3.jpgFoto: Cookpad dhiah oddie 18

Es air mata pengantin berasal dari Pekanbaru. Biasanya es ini dijadikan suguhan minuman saat pernikahan. Minuman ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah karena bahannya yang sangat mudah didapat.

Bahan terdiri dari agar-agar, gula pasir, pewarna merah, kuning dan hijau. Ada juga nata de coco, selasih dan sirup. Agar-agar aneka warna ini membuat sajian es ini semakin memanjakan mata dan terlihat cantik.

3. Es Dawet Jembut Kecabut

Es-Aneh-4.jpgFoto: Dok. detikFood

Ih namanya 'saru' alias 'jorok' ya. Dalam bahasa Jawa, jembut berarti bulu kemaluan dan kecabut artinya tercabut dari akarnya.

Tapi jangan salah sangka, ternyata ini adalah singkatan lokasi penjual es yang berada di sebelah timur Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh, Purworejo dan disingkat Jembut Kecabut.

Es dengan nama aneh ini sejatinya adalah es dawet yang berisi cendol hitam khas Purworejo. Harganya juga tergolong murah, semangkuk esdawet dibandrol dengan harga Rp 4.000-an. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.