https://jatim.times.co.id/
Gaya Hidup

Mengenal Golf, Olahraga Mahal yang Muncul di Drakor Red Swan

Kamis, 25 Juli 2024 - 01:32
Mengenal Golf, Olahraga Mahal yang Muncul di Drakor Red Swan Cuplikan drakor Red Swan, kisah pegolf profesional.

TIMES JATIM, JAKARTARed Swan menjadi drakor yang paling banyak ditonton sejak awal Juli. Drama inisukses meraih rating tinggi di setiap episodenya. 

Red Swan meraih rating tinggi karena cerita yang menarik dan merupakan comebacknya artis cantik Kim Ha Neul dan Rain. 

Mengisahkan seorang mantan pegolf profesional bernama Oh Wan Soo yang menikah dengan seorang chaebol. Ia terpaksa menikah bukan karena cinta, melainkan desakan keluarga besar. dalam mengarungi pernikahannya, ia mendapati sang suami mendua. 

Tapi ia sudah berjanji tidak akan bercerai dengan suami karena ada sesuatu yang harus dijaga. 

Drakor-2.jpg

Wan Soo jauh lebih populer dibanding suaminya, bahkan keluaga besar sang suami. Karena itu banyak orang disekelilingnya yang iri dengki pada Wan Soo. Asal usul Wan Soo yang merupakan atlet golf selalu diungkit dan diremehkan. Terlebih ia disebut bisa menjadi pegolf profesional lewat jalan yang tidak benar. "Bagaimana mungkin anak dari keluarga miskin bisa menjadi atlet golf, yang notabene adalah olahgara mahal," begitu ungkap Park Mi Ran, satu tokoh antagonis. 

Keberadaan Wan Soo dinilai membahayakan, sehingga ia menjadi incaran pembunuh bayaran. 

Dari drama populer itu, olahraga golf ikut kembali nge-hype. Bahkan di Korea Selatan banyak yang mendadak golf. Media Korsel menyebut peminat terhadap golf meningkat hingga 50 persen. Kalau biasanya olahraga ini dimainkan para eksekutif dan artis, kini banyak anak muda yang kemudian mencoba golf. 

Sebenarnya seperti apa sih permainan golf

Dilansir dari laman History, golf pertama kali dimainkan di Skotlandia sekitar tahun 1100-an. Olahraga itu terinspirasi dari penggembala yang kerap memukul batu kecil memaai tongkat dan mengarah pada lubang sarang kelinci. 

Lokasi penggembala itu memang banyak terdapat lubang kelinci. Singkat kisah, lokasi tersebut kemudian berkembang menjadi The Royal and Ancient Golf of the Andrews. 

Drakor-3.jpg

Tapi ada penelitian lain yang menyebutkan golf berasal dari China sekitar 500 tahun sebelum ditemukan di Skotlandia. Permainan itu dilakukan oleh para pejabat tinggi di Dinasti Tang Selatan. Mereka sengaja menggali lubang dan memasukkan bola kedalamnya menggunakan sebuah tongkat kayu. 

Artikel lain, dalam buku sejarah yang terdapat di Universitas Leiden Belanda, golf secara resmi menjadi cabang olahraga pertama kali pada 26 Februari 1297. Warga Belanda saat itu memainkannya dengan memakai bola kulit berwarna putih dan tongkat, dengan sasaran yang sama, yaitu lubang. 

Golf berawal dari kata gouf dan berkembang menjadi goulf yang artinya memukul. Ada juga yang menuliskan jika golf merupakan akronim dari Gentlement Only Ladies Forbidden, yang artinya permainan ini sebenarnya hanya untuk pria. Namun seiring perkembangan zaman, perempuan juga bisa bermain golf. 

Secara olahraga profesional, permainan golf  terdapat 18 hole atau lubang yang harus dimasukkan bola pemain. Biasanya permainan golf dilakukan di lapangan terbuka yang bisa berupa tanah maupun rumput. Pemain harus berjalan jauh untuk memasukkan bola pada hole. Namun kini sudah banyak permainan golf yang dilakukan secara indoor.

Drakor-4.jpg

Sebagai cabang olahraga, golf tentunya baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Di antaranya mendapatkan vitamin D yang berlimpah. Hal itu tentu saja terjadi jika Anda berlain golf di lapangan. Selain itu golf juga dapat menjaga kesehatan tulang terutama persendian kaki dan lengan. Sebab saat berlain golf tangan kita akan mengayunkan stik, dan kaki akan berjalan menuju bola atau lubang (hole). 

Gimana Anda tertarik bermain golf seperti Oh Wan Soo dalam drakor berjudul Red Swan? Seru ya!. Oiya drama ini masih on going dan dapat ditonton secara legal di Disney+ Hotstar. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.