https://jatim.times.co.id/
Ekonomi

Kabar Gembira, Harga Beras di Kabupaten Pacitan Turun

Senin, 25 Maret 2024 - 11:49
Kabar Gembira, Harga Beras di Kabupaten Pacitan Turun Pedagang beras di Pacitan tersenyum lebar. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PACITAN – Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Pacitan, khususnya para pecinta nasi putih! Harga beras di Pasar Minulyo Pacitan mulai menunjukkan penurunan. 

Beras Super Premium (SP) yang sebelumnya dibanderol dengan harga Rp16.000 per kilogram, kini turun menjadi Rp15.000.

Penurunan harga ini juga terjadi pada jenis beras C4, Delanggu, dan Sriayu. Ketiganya mengalami penurunan harga dari Rp16.000 menjadi Rp15.000 per kilogram.

"Penurunannya tidak sama rata, tapi rata-rata turun Rp1.000 per kilogram. Sudah seminggu ini harganya turun," ungkap salah satu pedagang beras di Pasar Minulyo, Parmini (65), Senin (25/3/2024).

Pedagang lain, Maryana (50), mengamini pernyataan Parmini. Ia mengatakan bahwa meskipun penurunan harga tidak signifikan, hal ini cukup melegakan para pembeli.

"Naik turun harga beras itu biasa. Tapi, ya senanglah kalau harganya turun," kata Maryana.

Maryana juga optimis bahwa harga beras tidak akan naik menjelang lebaran tahun ini. Hal ini didasari oleh musim panen yang telah tiba, sehingga pasokan beras diprediksi akan meningkat.

"Kayaknya sih tidak akan naik. Kan sekarang sudah musim panen. Harganya malah bisa turun lagi," ujarnya.

Sementara itu, di tengah kabar gembira penurunan harga beras, terdapat kabar kurang menyenangkan dari harga kedelai yang mengalami peningkatan. Harga kedelai naik sekitar Rp20.000 per sak, dari Rp525.000 menjadi Rp545.000.

Selain itu, harga bawang putih di Kabupaten Pacitan juga masih tergolong mahal, dengan kisaran harga Rp30.000 hingga Rp41.000 per kilogram. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.