Ekonomi

Apindo Jatim Optimistis Perekonomian Segera Bangkit

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 20:46
Apindo Jatim Optimistis Perekonomian Segera Bangkit Ketua Dewan Perwakilan Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur, Eddy Widjanarko saat acara Business and Member Gathering sekaligus Rakerprov DPP Apindo Jatim, Sabtu (6/8/2022) di Novotel Samator, Surabaya. (Foto: Lely Yuana)

TIMES JATIM, SURABAYA – Ketua Dewan Perwakilan Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur, Eddy Widjanarko optimistis perekonomian Jatim segera bangkit dan berkembang jika melihat grafik pertumbuhan ekonomi dalam beberapa waktu terakhir.

Salah satunya adalah investasi yang meningkat tajam. Pada triwulan II/2022 investasi yang masuk ke Jatim naik 69,2 persen (YoY).

”Lebih tinggi dari nasional di mana pertumbuhan investasinya di triwulan II/2022 sebesar 35,5 persen (YoY),” ujar Eddy pada Business and Member Gathering sekaligus Rakerprov DPP Apindo Jatim, Sabtu (6/8/2022) di Novotel Samator, Surabaya.

Kenaikan realisasi investasi dan pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,49 persen pada semester I/2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu ini, tambahnya, memberikan optimisme bagi pengusaha bahwa Jatim pasti bangkit.

"Atas dasar itu, temu anggota Apindo ini kita lakukan untuk menyusun program kerja yang baik untuk kepentingan industri, perdagangan dan investasi di Jatim,” tuturnya dalam acara yang berlangsung selama dua hari yaitu Jumat-Sabtu (5-6/8/2022) dan dihadiri anggota Apindo serta 38 DPK (Dewan Pengurus Kota/Kabupaten) se Jawa Timur tersebut.

Apindo-Jatim.jpg

Kepada anggota yang hadir ia juga memberikan motivasi untuk menciptakan produk-produk terbaik sehingga nantinya bisa diikutsertakan dalam misi perdagangan yang diselenggarakan Pemprov Jatim di berbagai provinsi di tanah air.

Pada kesempatan tersebut, Eddy juga berpesan kepada seluruh DPK yang hadir untuk melakukan penguatan dan regenerasi anggota. Kemudian, melakukan perbaikan produk-produk yang ada di daerah agar bisa mengikuti berbagai pameran dan memperluas pemasarannya.

Dan yang terakhir adalah, menjaga harmonisasi dan mencari rumusan terbaik serta menjauhi unjuk rasa utamanya terkait penentuan pengupahan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir dalam penutupan Business and Member Gathering DPP Apindo Jatim mengapresiasi kehadiran berbagai unsur mulai dari Apindo, Kadin, asosiasi usaha, perwakilan dari buruh yaitu FSPSI, TNI dan Polri. Suasana kondusif seperti ini menurut Khofifaf mampu membawa Jatim dalam kondisi yang mendukung untuk terus tumbuh.

”Sinergitas yang terbangun itulah yang menjadikan investor mempercayakan investasinya di suatu daerah,” ujarnya.

Seperti disebutkan, pada kuartal II tahun ini pertumbuhan ekonomi berada di angka 5,44 persen (YoY). Angka ini melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang tercatat 5,44 persen (YoY).

Apindo-Jatim-2.jpg

Dari sisi pendapatan daerah, Jatim juga merupakan yang tertinggi. Data Laporan Realisasi Anggaran per 30/7/2022 pada Dirjen Keuangan Daerah kementerian Dalam Negeri menunjukkan pendapatan Pemprov Jatim sebesar Rp16,43 triliun atau yang terbesar secara nasional. Sedangkan untuk realisasi belanja merupakan tertinggi ketiga setelah Jawa Barat dan Bengkulu. 

Dari sisi neraca perdagangan. Walaupun perdagangan luar negeri di tahun lalu mengalami defisit Rp56,21 triliun, namun perdagangan daerah surplus Rp151,37 triliun sehingga total perdagangan di 2021 surplus Rp95,16 triliun.

”Saya ingin menyampaikan, 16 provinsi di Indonesia timur hampir 80 persen logistiknya disuplay dari Jatim. Selain itu dari 32 rute tol laut, 27 dari Surabaya,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Khofifah juga menyerahkan 5 ribu bendera merah putih secara simbolis kepada Ketua DPP Apindo Jatim untuk selanjutnya dibagikan ke seluruh Jawa Timur. Ini merupakan bagian dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di mana Pemprov Jatim membagikan 77 ribu Bendera Merah Putih gratis kepada masyarakat di Jatim. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.