Ekonomi

Melihat Inovasi Pertanian di Gresik, Jahe Merah Media Tanam Polybag

Jumat, 18 Juni 2021 - 15:21
Melihat Inovasi Pertanian di Gresik, Jahe Merah Media Tanam Polybag Wahono saat melihat tanaman jahe merah dengan media tanam Polybag (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, GRESIK – Pada umumnya tanaman jahe merah ditanam di lahan luas, namun di Gresik, Jawa Timur salah seorang petani mengembangkan inovasi menanam jahe dengan media tanam Polybag

Inovasi baru ini hasilnya sangat memuaskan, karena disamping tak membutuhkan lahan subur, jangka waktu panennya sangat cepat. Hanya 8 sampai 10 bulan.

Petani asal Kedungsumber Balongpanggang Wahono mengatakan, awalnya ia memanfaatkan tanah seluas 7 X 20 meter, Wahono bereksperimen menanam 1500 bibit jahe merah di media polybag. 

"Perbedaanya sangat signifikan jika dibanding dengan menanam di tanah biasa. Penanaman model seperti ini sangat efektif dan efisien dalam pelaksanaannya," katanya, Jumat (18/6/2021).

Wahono yang juga seorang Kepala Desa Kedungsumber ini menyatakan, menanam jahe dengan media tanam Polybag cukup mudah. Awalnya ia mencampurkan tanah dengan pupuk organik.

"Setelah itu baru penananaman bibit, kemudian rutin disiram air setiap hari. Lalu diawasi terus, pengawasannya juga kan mudah sebab tidak berada di lahan luas," ujarnya.

Menggunakan media polybag dan karung, kata dia sangat memudahkan untuk bertani di lahan terbatas. Selain itu panen juga gampang, dibanding ditanam di lahan perkebunan.

Perbandingan lain yang sangat signifikan menanam dengan media polybag hasilnya lebih banyak. Jika menggunakan tanah di kebun, hasil yang didapat untuk sekali panen hanya 1 sampai 3 kilogram. 

"Sementara tanam jahe merah menggunakan polybag bisa lebih dari 5 hingga 10 kilogram," tambah dia.

Wahono juga memberikan estimasi pengeluaran dan hasilnya, selama dia menanam jahe merah dengan media polybag. 

Misalnya untuk satu karung diisi cukup dengan satu tunas dengan harga bibit kisaran Rp 1.000 hingga Rp 1.500. Dalam waktu 8 hingga 10 bulan atau paling lama 1 tahunan sudah bisa menghasilkan rata-rata 10 kilogram karung dan 5 kilogram polybag. 

"Pembibitannya saya bikin sendiri. Hanya menggaji dua atau tiga orang untuk merawat. Keuntungannya bisa dihitung sendiri," ucapnya terkait inovasi menanam jahe merahdi media tanam Polybag. (*)

 

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.