https://jatim.times.co.id/
Ekonomi

Jelang Lebaran, Bank Sampah Sapu Jagad Magetan Tukar Sampah dengan Sembako

Rabu, 05 Mei 2021 - 20:25
Jelang Lebaran, Bank Sampah Sapu Jagad Magetan Tukar Sampah dengan Sembako Warga setempat saat menukarkan sampah dengan sembako di Sekretariat Bank Sampah Sapu Jagad Magetan, Rabu (5/5/2021). (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)Meja dan kursi dari sampah plastik dan kaleng buatan Bank Sampak Sapu Jagad. (Foto: Aditya Candra/TIM

TIMES JATIM, MAGETANBank Sampah Sapu Jagad yang berada di Ringinagung, Kabupaten Magetan, Jawa Timur melakukan kegiatan rutin menjelang Hari Raya Idul Fitri, yakni menukarkan sampah dengan sembako.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat ditengah pandemi covid-19.

"Hari ini kami menyiapkan 115 sembako untuk ditukarkan dengan sampah yang dibawa masyarakat. Isinya mie instan, minyak goreng, telur dan kecap manis," jelas Direktur Bank Sampah Sapu Jagad, Juli Kuswanto usai memberikan sembako terhadap masyarakat di Sekretariat Bank Sampah Sapu Jagad, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Rabu (5/5/2021).

Bank Sampah Sapu Jagat a

Juli mengatakan, kegiatan yang rutin dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri tersebut sabagai sarana edukasi bagi masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai dan di selokan.

"Kegiatan ini ada agar masyarakat peduli dengan lingkungan sekitar terhadap permasalahan sampah yang ada. Dan sampah yang ditukarkan sembako yakni sampah plastik, kertas, kardus, yang penting sampah kering," ungkapnya.

Sampah yang berhasil dikumpulkan tersebut akan dijadikan meja dan kursi yang hasilnya pun cukup bagus, kokoh dan tahan lama. "Daripada dibuang dan dibakar lebih baik kita jadikan suatu kerajinan yang bermanfaat dan dapat digunakan serta enak dilihat," tuturnya.

Bank Sampah Sapu Jagat b

Rajinah, Salah satu masyarakat setempat yang menukarkan sampah dengan sembako merasa senang karna bisa menukarkan sampahnya yang berada dirumah dengan sembako.

"Tadi saya bawa satu plastik sampah botol air mineral kesini, dan langsung ditukarkan dengan sembako jadi saya senang sekali, terima kasih banyak," ucapnya.

Sementara itu lurah Kelurahan Ringinagung, Yully Bagus Trisnawan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bank Sampah Sapu Jagad, menurutnya kegiatan tersebut bisa membantu beban masyarakat sambil mengedukasi untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Dengan kegiatan tersebut masyarakat dapat teredukasi sekaligus mendapatkan sembako jadi kami dari Pemerintah Desa Ringinangung mendukung kegiatan ini," kata lurah Kelurahan Ringinagung, Yully Bagus Trisnawan saat menghadiri kegiatan menukar sampah dengan sembako di Sekretariat Bank Sampah Sapu Jagad Magetan. (*)

Pewarta : Aditya Candra
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.