https://jatim.times.co.id/
Berita

Tradisi HUT Kemerdekaan, Karnaval Budaya Desa Ganggangpanjang Jadi Icon di Sidoarjo

Minggu, 01 September 2024 - 19:11
Tradisi HUT Kemerdekaan, Karnaval Budaya Desa Ganggangpanjang Jadi Icon di Sidoarjo Peserta Karnaval Desa Ganggangpanjang, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo berlenggak lenggok memakai kostum kerajaan (FOTO: Dok Desa Ganggang Panjang)

TIMES JATIM, SIDOARJO – Pemerintah Desa Ganggangpanjang, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo menggelar Karnaval Budaya puncak HUT Kemerdekaan RI ke 79.

Setiap tahunnya, Desa GanggangPanjang selalu menggelar tradisi Karnaval Budaya yang diikuti ribuan peserta mulai orang tua, remaja hingga anak-anak warga setempat.

berlenggak-lenggok-memakai-kostum-kerajaan-2.jpg

Karnaval perayaan HUT RI di desa tersebut selalu dinanti-nanti warga. Karena, setiap RT menampilkan tema beragam budaya Indonesia yang berbeda. Dan menjadi hiburan tersendiri bagi warga Desa GanggangPanjang.

Kepala Desa Ganggangpanjang, Muhammad Adenan mengatakan jika kali ini tema yang diusung dalam karnaval budaya tersebut mengadopsi tema besar Republik Indonesia. Yakni Nusantara Baru Indonesia Maju, beragam tema budaya ditampilkan warga kami.

berlenggak-lenggok-memakai-kostum-kerajaan-3.jpg

"Adat Budaya Jawa tentunya, adat budaya Madura, Bali, Kalimantan, Madura dan masih banyak lagi ragam budaya Nusantara kita," katanya, Minggu (1/9/2024).

Menurut Adenan selain untuk memeriahkan rangkaian HUT RI ke 79, pawai budaya Desa Ganggangpanjang sekaligus meningkatkan kebersamaan, nilai gotong royong serta menjalin kerukunan antar warga Desa Ganggangpanjang. 

"Karnaval diikuti setiap RT disemua dusun di Desa Ganggangpanjang. Alhamdulillah setiap tahunya selalu meriah. Bahkan tak hanya dari warga setempat penonton event budaya tersebut mengundang daya tarik warga luar desa, bahkan Kecamatan lain,"ungkap Adenan.

Karnaval Budaya Jadi Tradisi yang Selalu Dijaga

Pelaksanaan karnaval di Desa Ganggang Panjang telah menjadi tradisi dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Tradisi ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu, diwariskan dari generasi ke generasi. Warga desa dengan antusias menyambut momen ini sebagai ajang untuk menunjukkan kreativitas dan kebersamaan mereka.

"Setiap tahun, karnaval ini selalu menghadirkan sesuatu yang baru, namun tetap berpegangan pada nilai-nilai tradisional dan budaya lokal Indonesia," kata Anang Wahyu Ardianto, Sekretaris Desa Ganggangpanjang.

Anang melanjutkan Pakaian adat berbagai daerah di Indonesia menjadi ikon Karnaval Budaya peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Sidoarjo. Berbagai kostum unik menjadi daya tarik karnaval budaya Desa . 

"Kami sangat bahagia, bangga dan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada warga Ganggangpanjang. Alhamdulillah, semoga terus terjalin kebersamaan masyarakat Desa Ganggangpanjang. Kita bertemu di karnaval HUT RI tahun depan," pungkas Anang. (*)

Pewarta : Rudi Mulya
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.