https://jatim.times.co.id/
Berita

Napak Jagat Nusantara Meriahkan Pagelaran Budaya HUT ke-79 TNI

Sabtu, 21 September 2024 - 10:54
Napak Jagat Nusantara Meriahkan Pagelaran Budaya HUT ke-79 TNI Seniman panggung Napak Jagat Nusantara saat tampil. (FOTO: ANTARA/ HO-Napak Jagat Nusantara)

TIMES JATIM, JAKARTA – Komunitas seni dan budaya Napak Jagat Nusantara mendapat kehormatan untuk menjadi pengisi utama dalam Pagelaran Budaya Nusantara yang menjadi bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-79 TNI. Acara ini berlangsung di Lapangan Monas, Jakarta, 21-22 September 2024.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari Coklat Kita Napak Jagat Nusantara, Felix Wirawan menyampaikan bahwa pertunjukan ini didedikasikan untuk mendukung TNI yang berperan penting sebagai garda terdepan bangsa dan penjaga kebudayaan Indonesia.

“Dengan gelaran Napak Jagat Nusantara dari Coklat Kita pada rangkaian perayaan HUT TNI ke-79, kami tentu berharap ini dapat menjadi daya tarik sekaligus menginspirasi masyarakat luas untuk semakin mencintai keluhuran seni dan budaya kita,” ujar Felix Wirawan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/9/2024).

Napak Jagat Nusantara menampilkan berbagai kesenian budaya Indonesia yang memukau penonton. Mulai dari musik tradisional, tari-tarian, wayang golek, hingga komedi, acara ini sukses menyajikan keberagaman seni Nusantara yang kaya.

Napak Jagat Nusantara sebelumnya dikenal dengan nama Napak Jagat Pasundan (NJP). Kelompok seni ini telah aktif sejak 2013 dan menjadi bagian dari Komunitas Coklat Kita. Tidak hanya tampil di kancah nasional, mereka juga telah memperkenalkan budaya Indonesia di panggung internasional.

Dalam rangkaian HUT TNI ke-79 ini, Napak Jagat Nusantara menghadirkan kolaborasi seniman lokal dan internasional. Beberapa di antaranya adalah E.R Ethnic Percussion feat Kiki Juliar, Manshur Angklung, Dalang Khanha Ade Kosasih Sunarya Giriharja 2 Putu, serta penyanyi seperti Adella feat Difarina Indra, Sherly KDI, Nurma KDI, Lusyana Jelita, Cantika Nuswantoro, dan Devita Salanatya.

Menurut Felix, pertunjukan ini mengedepankan semangat kebersamaan antara para seniman, baik yang telah memiliki nama besar maupun yang masih berkembang di kancah seni lokal. Kolaborasi ini berhasil memadukan berbagai elemen kesenian dalam satu panggung yang menakjubkan.

Beberapa sanggar dan komunitas seni yang terlibat dalam pertunjukan ini antara lain Sanggar Algia dari Pangandaran, Sanggar Cantika Studio dari Kabupaten Bandung, Sanggar Putra Jayabaya dari Cirebon, Sanggar Way Talatah dari Subang, Sanggar Sona Soni dari Sumedang, Kendangers Garut, serta Sanggar Korwar dari Jakarta.

Mereka menampilkan beragam pertunjukan seperti wayang golek, rampak kendang, angklung, dan tarian medley Nusantara, yang semakin menyemarakkan suasana Peringatan HUT TNI.

Selain Pagelaran Budaya Nusantara oleh Napak Jagat Nusantara, rangkaian acara HUT ke-79 TNI juga meliputi kegiatan pameran alutsista, donor darah, bakti kesehatan, pembagian sembako, hingga hiburan Band TNI dan agenda olahraga seperti Panglima TNI Fun Run 5K dan Panglima TNI 10K. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.