Berita

Lima Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo Dilantik, Dua di Antaranya Petahana

Rabu, 03 April 2024 - 08:02
Lima Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo Dilantik, Dua di Antaranya Petahana Lima Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Periode 2024 - 2029. (Foto: KPU Kabupaten Probolinggo For TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Lima Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo telah mengumumkan dan menetapkan komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, bersama dengan 15 kabupaten/kota dari empat provinsi, berdasarkan Surat No. 15/SDM.12 Pu/04/2024.

Berdasarkan surat tersebut, ada lima orang yang ditetapkan sebagai komisioner KPU Kabupaten Probolinggo. Dua di antaranya adalah petahana, yaitu Ali Wafa dan Lukman Hakim, sementara tiga orang lainnya adalah pendatang baru.

Lima Komisioner KPU tersebut telah melalui serangkaian tahapan seleksi yang ketat, termasuk lolos dalam tes administrasi, wawancara, dan fit and proper test.

Adapun lima komisioner KPU Kabupaten Probolinggo yang telah ditetapkan adalah Ali Wafa, Lukman Hakim, Bayu Rizky Pramudya Ersandhi, Muhammad Arifin, dan Rifqohul Ibad.

Saat dihubungi, salah satu Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Ali Wafa, menjelaskan, setelah ditetapkan sebagai anggota KPU, lima orang terpilih itu melakukan rapat pleno internal untuk menentukan Ketua dan divisi-divisi.

KPU-Kabupaten-Probolinggo-2.jpg

Dari rapat pleno tersebut, Ali Wafa ditetapkan sebagai Ketua KPU Kabupaten Probolinggo periode 2024-2029, menggantikan Lukman Hakim.

"Alhamdulillah, saya terpilih sebagai ketua KPU Kabupaten Probolinggo setelah melalui beberapa proses," jelas Ali Wafa, Selasa (02/04/2024).

Lebih lanjut, Ali Wafa menjelaskan, untuk menjadi ketua KPU, seseorang harus melewati beberapa proses. KPU merupakan lembaga kolektif kolegial.

"Dari kepengurusan KPU sebelumnya, setiap divisi harus belajar banyak, bukan hanya satu divisi saja, tetapi secara keseluruhan. Menjadi ketua KPU tentunya merupakan sebuah kepercayaan dari semua anggota," terang Ali Wafa.

Setelah terpilih, lima komisioner KPU Kabupaten Probolinggo akan menghadapi event Pilkada Serentak yang akan diselenggarakan pada Rabu, 27 November 2024.

Dalam rapat pleno internal yang telah dilakukan, selain memilih Ali Wafa sebagai Ketua KPU, mereka juga telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan Pilkada serentak. 

"Jadi dalam rapat pleno internal kemarin, kami membahas tiga hal, yaitu penentuan ketua, menyusun komposisi di masing-masing divisi, dan menyusun korwil di beberapa kecamatan," terang Ali Wafa.

Adapun komposisi keanggotaan KPU Kabupaten Probolinggo adalah sebagai berikut:

1. Ali Wafa, Ketua Divisi Keuangan, Umum, Logistik, dan Rumah Tangga.

2. Lukman Hakim, Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi.

3. Bayu Rizky Pramudya Ersandhi, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM.

4. Muhammad Arifin, Ketua Divisi Penyelenggaraan.

5. Rifqohul Ibad, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan.

Dengan penetapan anggota KPU Kabupaten Probolinggo, Ali Wafa berharap setiap ketua divisi dapat bekerja sama dengan baik dan cepat beradaptasi. 

Harapannya, Pilkada 2024 pada 27 November mendatang dapat berjalan lancar dan transparan, dengan mengutamakan prinsip keadilan dan integritas. (*)

Pewarta : Sri Hartini
Editor : Ryan Haryanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.