https://jatim.times.co.id/
Berita

O2SN Tingkat Kabupaten Malang Membangun Karakter dan Mencetak Atlet Berbakat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 18:39
O2SN Tingkat Kabupaten Malang Membangun Karakter dan Mencetak Atlet Berbakat Peserta putri O2SN SMP negeri se Kabupaten Malang saat lomba atletik dalam kategori tolak peluru, Sabtu, (4/5/2024). (Foto: Slamet Mulyono/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Dinas Pendidikan Kabupaten Malang menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Malang pada tanggal 4-5 Mei 2024. Ratusan pelajar SMP turut bersaing dalam ajang O2SN ini, yang merupakan salah satu upaya dalam membina potensi bibit-bibit atlet sekaligus seleksi peserta O2SN tingkat provinsi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Suwadji, menyatakan bahwa kegiatan O2SN merupakan bagian dari upaya pembinaan potensi bibit-bibit atlet olahraga. 

"Ini adalah langkah yang sangat positif dalam mengembangkan talenta olahraga di Kabupaten Malang," ujarnya, Sabtu (4/5/2023).

Erdiyanto Hadi Suprayitno, S.Pd M.Or, Ketua Panitia O2SN SMP Kabupaten Malang, menegaskan bahwa kegiatan seperti O2SN juga merupakan bagian dari pembangunan karakter siswa.

 "O2SN tidak hanya tentang kompetisi fisik, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai perjuangan, semangat, dan sportivitas," katanya.

Dalam kegiatan O2SN SMP se-Kabupaten Malang, terdapat lima cabang olahraga yang dilombakan, yaitu atletik, renang, bulutangkis, karate, dan pencak silat. Total peserta mencapai 309 siswa, dengan harapan dapat mencetak atlet berbakat yang mampu berbicara di level nasional dan internasional.

Menurut Suprayitno, O2SN merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, di bawah balai pengembangan talenta Indonesia (BPTI). O2SN diadakan secara berjenjang di tingkat kabupaten, kota, provinsi, dan nasional.

"Para peserta diharapkan bertanding dengan jujur dan sportif, karena menang kalah bukanlah tujuan utama. Yang terpenting adalah semangat belajar dan menghormati nasehat orangtua," pesannya.(*)

Pewarta : Slamet Mulyono
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.