https://jatim.times.co.id/
Berita

Pasar Madyopuro Dapat Catatan dari Pj Wali Kota Malang

Kamis, 18 April 2024 - 18:37
Pasar Madyopuro Dapat Catatan dari Pj Wali Kota Malang Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat saat sidak di Pasar Madyopuro. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat memberikan catatan khusus terhadap kondisi Pasar Madyopuro, Kota Malang.

Catatan paling krusial, yakni terkait kebersihan pasar yang dapat mempengaruhi beberapa hal.

"Jika dilihat kondisi saat ini, ada beberapa catatan salah satunya tentang saluran drainase, ini saya lihat tadi gak hujan sudah penuh. Apalagi kalau hujan, pasti banjir," ujar Wahyu, Kamis (18/4/2024).

Ia mengungkapkan, soal kebersihan dirinya melihat sejak pintu masuk sudah terlihat becek akibat hujan, selain itu area pasar yang lama masih ada beberapa genangan. Hal ini diperparah lagi dengan saluran drainase yang penuh.

"Memang sepertinya perencanaan yang dibuat seperti itu ada gedung (saja). Belum lagi bau tak sedap yang membuat pengunjung merasa gak nyaman," ungkapnya.

Untuk itu, Wahyu akan meminta sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk segera menindaklanjuti catatan tersebut.

"Saya minta dalam jangka pendek untuk segera melakukan kerja bakti dengan pedagang," imbuhnya.

Sementara, Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi menyebut bahwa pihaknya akan segera melakukan pembenahan terutama tentang kebersihan pasar yang menjadi catatan dari Pj Wali Kota Malang.

"Untuk tahap pertama drainase kita perbaiki, kita rencanakan dulu. Nanti dalam waktu dekat kita lakukan kerja bakti dengan DLH, PUPR dan pedagang," tuturnya.

Menurut Eko, kondisi pasar Madyopuro yang terkesan kumuh karena pembenahan belum menyeluruh.

Setidaknya, pihak Diskopindag mendapatkan anggaran Rp3 miliar untuk pembenahan pasar Madyopuro. Dimana anggaran tersebut digunakan untuk perbaikan namun tak menyeluruh.

"Untuk infrastruktur pendukung seperti drainase, menyusul. Memang belum digarap," imbuhnya.

Oleh sebab itu, Eko akan mengusulkan anggaran perbaikan pasar Madyopuro pada PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) nanti.

"Tahun ini diusahakan kita ajukan. Sesuai petunjuk kita ajukan di PAK. Mungkin sekitar Rp200 juta cukup untuk itu (drainase)," tandasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.