https://jatim.times.co.id/
Berita

Mengaji dan Berbagi Bersama Embong Apik, Ajak Pengamen Jalanan Donor Darah

Jumat, 29 Maret 2024 - 21:15
Mengaji dan Berbagi Bersama Embong Apik, Ajak Pengamen Jalanan Donor Darah Penyerahan paket santunan kepada para pengamen jalanan, usai mengaji dan donor darah, yang dipusatkan di masjid MBS Al Amin Putra, Sukun, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jum'at (29/3/2024). (Foto: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Puluhan pengamen jalanan di Kepanjen Kabupaten Malang tak mensia-siakan keberkahan Ramadan, Jum'at (29/3/2024) sore. Bersama Komunitas Embong Apik, puluhan pengamen ini mengikuti kegiatan mengaji dan berbagi. 

Kegiatan mengaji dan berbagi bersama para pengamen jalanan ini dipusatkan di masjid MBS Al Amin Putra, di Sukun, Kelurahan Kepanjen, Kabupaten Malang. 

Usai bekerja mengamen di kawasan Pasar Kepanjen dan jalan protokol sekitarnya, mereka mendatangi masjid untuk mengikuti siraman rohani, yang disampaikan Ustadz Erik Budianto, dari PCM Kepanjen. 

santunan-2.jpg

Tak hanya itu, sebagian pengamen ini juga mengabdikan diri ikut menjadi pendonor darah, yang dilayani petugas dari Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Malang. Puluhan kantong darah berhasil didapatkan dari kegiatan sosial donor darah ini. 

Pegiat Komunitas Embong Apik Malang, Grienny Nuradi A. mengungkapkan, selama beberapa jam para pengamen jalanan ini memang diajak dengan berbagai kegiatan positif. Mulai dari membersihkan lingkungan masjid, donor darah, juga berbagi takjil dan makanan buka puasa. 

"Kami sengaja mendekatkan pemuda pengamen dan juru parkir ini dengan masjid, dan kegiatan sosial keagaaman lain. Sebagai umat manusia dan muslim, nilai-nilai berbagi dan kehidupan yang baik bisa dilakukan bersama-sama, tanpa melihat status sosial ataupun pekerjaannya apa," terang Grienny, Jum'at (29/3/2024) malam. 

santunan-3.jpg

Selain donor, bersamaan kegiatan mengaji dan berbagi ini juga dilangsungkan pemeriksaan kesehatan, yang didukung para mahsiswa STIKES Kepanjen. Kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan para santri dan pengasuh MBS Al Amin Putra, juga warga masyarakat sekitar. 

Kegiatan Embong Apik bersama pengamen jalanan ini juga didukung pihak LAZISMU Kabupaten Malang, juga Perunda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang. Selain berbuka bersama, peserta kegiatan ini juga mendapatkan paket santunan sumbangan dari berbagai pihak. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.