Berita

Gandeng BRI, Layanan Keuangan Karyawan PT BSI Jadi Makin Penuh Kemudahan

Jumat, 26 Mei 2023 - 21:03
Gandeng BRI, Layanan Keuangan Karyawan PT BSI Jadi Makin Penuh Kemudahan Penandatanganan kerja sama antara PT Bumi Suksesindo (PT BSI) dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – PT Bumi Suksesindo (PT BSI) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), Jumat (26/5/2023). Jalinan ikatan ini sekaligus menandai berbagai kemudahan yang akan didapat karyawan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk dalam layanan keungan.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Direktur PT BSI, Riyadi Effendy dan Division Head Funding & Retail Payment Strategy BRI, Kicky Andrie Davetra, di Tujuh Bukit Operations, site pertambangan milik PT BSI di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Proses penandatanganan disaksikan langsung oleh Komisaris BRI, Nurmaria Sarosa dan Direktur Konsumer BRI, Handayani. Kerja sama ini akan berlangsung selama lima tahun dan bisa terus diperpanjang.

Direktur PT BSI, Riyadi Effendy menyampaikan, kerja sama dengan BRI sebenarnya sudah mulai direalisasikan sejak Oktober 2022. Bentuk kerja sama yang telah terjalin antara lain pembayaran gaji karyawan (Payroll) untuk sekitar 1.400 karyawan, rekening operasional perusahaan dan fasilitas mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Selain itu, BRI juga memfasilitasi Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk karyawan BSI melalui program Briguna PKS Swasta. Termasuk kemudahan dalam Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Saat ini tercatat 264 karyawan telah mengajukan program pinjaman kepada BRI.

“Kami optimis kerja sama ini bisa mempermudah karyawan dalam mengakses layanan keuangannya,” katanya.

Teddy, sapaan akrab Riyadi Effendy, menambahkan bahwa kerja sama ini juga akan menguntungkan pihak BRI karena PT BSI akan terus meningkatkan kinerjanya.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan eksplorasi lanjutan dan mengembangkan cadangan sumber daya mineral berupa tembaga dan emas di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) perusahaan, sehingga keberadaan operasi kami bisa terus bermanfaat untuk masyarakat dan negara,” tuturnya.

Berdasarkan data per April 2023, karyawan Tujuh Bukit Operations berjumlah 3.136 orang. Terdiri dari karyawan PT BSI sebanyak 1.401 orang dan sisanya merupakan karyawan perusahaan rekanan. Sebanyak 70,5 persen dari jumlah karyawan Tujuh Bukit Operations merupakan warga lokal Banyuwangi.

Selain dengan PT BSI, BRI juga menjalin kerja sama dengan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk lainnya di Pulau Wetar, Maluku Barat Daya. Meliputi PT Batutua Kharisma Permai dan PT Batutua Tembaga Raya. Namun, karena kondisi alam tambang di Pulau Wetar, kerja sama hanya meliputi Payroll, fasilitas ATM dan rekening operasional perusahaan.

Sementara itu, Direktur Konsumer BRI, Handayani berharap kerja sama yang terjalin mampu memberi kemudahan kepada karyawan PT BSI. Kemudahan dan pembiayaan yang ringan diminta agar digunakan untuk hal-hal yang produktif dan membantu financial planning.

“Mudah-mudahan kolaborasi ini terus berlanjut dan menghasilkan banyak hal baru yang mampu memberi kemudahan bagi seluruh karyawan. Dan semoga PT BSI terus maju dan berkembang,” katanya.

Handayani juga menyebut bahwa selain BRI, masih ada 10 anak perusahaan BRI, yang siap mensupport PT BSI.

Optimisme pihak BRI terhadap tumbuh kembang PT BSI memang sangat masuk akal. Karena, usai penandatanganan kerjasama, rombongan BRI diajak berkeliling area tambang PT BSI di Gunung Tumpang Pitu, alias Mining Tour. Dengan kata lain, mereka bisa melihat langsung bagaiamana proses pertambangan emas yang dilakukan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk.  (d)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.