Berita

SBY Datangi Kota Malang, Beli Lukisan untuk Koleksi di Museum Galeri

Minggu, 05 Februari 2023 - 16:24
SBY Datangi Kota Malang, Beli Lukisan untuk Koleksi di Museum Galeri SBY saat mendatangi Azam Gallery untuk melihat dan membeli karya-karya lukis dari sejumlah seniman di Jawa Timur. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Mantan Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendatangi galeri lukisan yang ada di kawasan Araya, Kota Malang, Minggu (5/2/2023). 

Kedatangan SBY ke Azam Gallery tersebut, tentunya ingin melihat langsung sejumlah lukisan yang telah ditawarkan untuk menjadi koleksi SBY di Museum Galeri miliknya di Pacitan, Jawa Timur.

"Lukisan yang saya lihat bagus-bagus. Kebetulan saya sedang membangun galeri lukisan di Pacitan. Saya berusaha membeli beberapa lukisan untuk menambah lagi variasi lukisan," ujar SBY, Minggu (5/2/2023).

Museum Galeri milik SBY tersebut kini sedang dalam tahap pembangunan. Setidaknya sudah 90 persen progres pembangunan dan segera diisi oleh karya-karya seni dari seniman di Indonesia, khususnya Jawa Timur.

"Lukisan yang saya lihat ini kan karya anak bangsa. Saya kira penting bagus dan masyarakat suka melihat itu juga saya koleksi dan insyallah akan saya pajang di museum galeri di Pacitan," ungkapnya.

SBY-Malang-2.jpg

Banyak tema lukisan yang SBY lihat dan akan dibeli sebagai koleksi di Galerinya. Mulai dari tema wayang, kehidupan, tokoh-tokoh, dan ada lukisan abstrak yang menyita perhatiannya.

Meski di dunia seni lukis SBY tergolong cukup baru. Dengan kedatangannya ke Kota Malang, selain melihat lukisan secara langsung ia juga berbagi ilmu bersama seniman seniman senior di Jawa Timur.

"Saya sebagai pendatang di dunia seni lukis, tadi berbagi pengalaman dengan para pelukis senior. Agar saya bisa lebih mengembangkan kemampuan melukis saya di masa depan," katanya.

Ia juga sangat mendukung kemajuan seni budaya di Indonesia. Sebagaimana Indonesia ini merupakan rumahnya para seniman, apresiasi lebih tentu harus dilakukan.

"Saya cocokan dengan ada yang sudah ada. Saya nanti akan beli lukisan yang belum ada. Tentu akan beli banyak," ucapnya.

SBY-Malang-3.jpg

Sementara, pemilik galeri seni yakni Azam Bachtiar cukup senang galerinya bisa didatangi oleh SBY secara langsung.

Sebelumnya, ia telah mengirimkan seluruh file karya seni secara detail ukuran dan senimannya untuk dilihat dan dipilih oleh SBY.

"Semua dalam bentuk file dikirim ke ajudan, kemudian diperlihatkan ke beliau secara non fisik. Terus dia memilih dan dikurasi terus lihat fisiknya ke sini langsung," bebernya.

Setidaknya, ada 18 karya seni dari 7 seniman yang diperlihatkan secara langsung ke SBY di Azam Gallery. Mulai dari seniman Kota Malang, Kota Batu, Tulungagung hingga Pasuruan.

"Beliau gak titip pesan pingin tema apa, semua bebas. Dia hanya ingin mengumpulkan karya dari seniman seluruh Jawa Timur untuk mengisi di galerinya yang ada di Pacitan," tuturnya.

Karya-karya seni yang diperlihatkan dan akan dibeli oleh SBY harganya cukup beragam. Namun, Azam memastikan harga satuan karya seni masih dibawah Rp100 juta.

"Paling murah sekitar Rp15 juta. Saya sangat senang beliau (SBY) mengapresiasi dan ini kesempatan kita sebagai seniman menunjukkan itu," tandasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.