https://jatim.times.co.id/
Berita

Layanan Panggilan Darurat di Kota Batu, Tekan Saja 112

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 22:43
Layanan Panggilan Darurat di Kota Batu, Tekan Saja 112 Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai Bersama Kepala Dinas Kominfo Kota Batu, Onny Ardianto, perwakilan Kementerian Kominfo RI, Agus Joko Sugiarto dan perwakilan dari Jasminta Telkomindo, Samuel Effendi melaunching layanan panggilan darurat 112. (FOT

TIMES JATIM, BATU – Sedang mengalami kondisi darurat di Kota Batu dan membutuhkan segera bantuan dari instansi terkait, tekan saja 112. Layanan panggilan darurat yang dibuat oleh Dinas Kominfo Kota Batu ini dilaunching oleh Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai bersama Kepala Dinas Kominfo Kota Batu, Onny Ardianto.

Launching ini dilaksanakan di malam puncak ATV Carnival 2024 yang dilaksanakan di Balai Kota Among Tani Kota Batu, Sabtu (12/10/2024) malam. Launching ini dilaksanakan bersama-sama perwakilan Kementerian Kominfo RI, Agus Joko Sugiarto dan perwakilan dari Jasminta Telkomindo, Samuel Effendi.

Program layanan panggilan darurat 112 ini diciptakan untuk membantu masyarakat dan wisatawan saat menghadapi keadaan darurat. Layanan ini bisa diakses dalam keadaan darurat, termasuk di black spot seperti kehilangan sinyal di daerah terpencil atau di dalam lift yang mati.

layanan-panggilan-2.jpg

Panggilan darurat ini tidak dipungut biaya apapun bahkan hanya berbekal handphone tanpa sim card pun layanan ini bisa dimanfaatkan. Layanan ini bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk menghadapi kondisi darurat saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk pengaduan kepada berbagai instansi di Pemkot Batu termasuk Kepolisian, BPBD, Damkar, Satpol PP, Dinkes hingga rumah sakit. 

Call Centre 112 ini juga terkoneksi dengan seluruh OPD di Pemkot Batu selama 24 jam sehingga bisa memberikan perasaan aman, nyaman dan kecepatan penanganan pengaduan. 

“Sebelum launching ini kita sudah lakukan uji coba, Alhamdulillah tercatat 1723 panggilan masuk, meskipun banyak juga yang panggilan hantu, tidak ada suaranya,” ujar Onny. Saat uji coba tercatat ada 13 kejadian yang sudah direspon dan ditangani OPD.
Lebih lanjut Onny menegaskan sengaja melaunching layanan darurat ini pada malam puncak ATV Carnival 2024 yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi ke 23 Kota Batu sekaligus memperingati HUT ke-21 Agropolitan TV.

Menurutnya, semua gemerlap entertainment dan edukasi yang selama ini ditampilkan ATV ditampilkan dalam ATV Carnival 2024, beragam kegiatan dilaksanakan mulai dari school in attack competion, Art Section, Selendangsari, Berisik Fest Carnival, Exhibition Music Collosal Colaboration, SPY Voice, Batu Drum Tallent hingga Selay Show. 

Kemeriahan ini dipadu dengan pameran produk unggulan UKM. Dalam kesempatan ini, Pj Wali Kota Batu menyerahkan hadiah untuk para pemenang. 

layanan-panggilan-3.jpg

Sementara itu Pj Wali Kota Batu mengucapkan selamat kepada Dinas Kominfo Kota Batu yang sudah melaksanakan kegiatan ATV Carnival 2024 dan Launching Layanan Panggilan Darurat 112.

“Tak lupa saya mengucapkan selamat ulang tahun ke 21 ATV yang usianya hampir bersaing dengan Kota Batu. ATV sudah bersama kita membangun jejaring informasi dan hiburan dengan adanya ATV perkembangan di kota Batu dan Malang Raya bisa disajikan secara update, akurat dan mencerdaskan,” ujar Aries.

Dalam kesempatan itu, Aries berharap agar masyarakat memanfaatkan program layanan Call 112. “Launching ini membuktikan bahwa Pemkot Batu hadir ditengah masyarakat. Mudah-mudahan masyarakat Batu menyadari dan memanfaatkan layanan ini untuk memberikan kemudahan akses dan kecepatan penanganan, tentunya manfaatnya sangat besar,” ujarnya. (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.